Pentingnya Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi

Senin, 29 Maret 2021 | 17:38 WIB Last Updated 2021-03-29T10:38:26Z


(Hasna Khairunnisa/ Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

 

Kabarpendidikan.id Pada awal tahun 2020, Tepat bulan Febuari, Dunia sedang waspada dengan sebuah virus yang disebutkan dengan Corona Virus (Covid-19). Virus tersebut berasal dari Wuhan, China. Penularan virus tersebut sangatlah cepat menyebar sehingga tidak ada satu pun negara didunia yang dapat terhindar dari virus ini. Pada saat itupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona ini sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Sehingga pemerintah diberbagai negara telah menerapkan lockdown atau karantina. Pemerintah pun menetapkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang diterapkan disetiap daerah. Dalam usaha psbb tersebut berdampak pada kegiatan diluar rumah seperti kegiatan Pendidikan yang harus dilakukan melalui pembelajaran online.

 

Pada pembelajaran online sekarang ini banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran secara online. Tidak adanya antusias siswa untuk berfikir kritis. Pembelajaran online dilakukan dengan system jarak jauh, dimana belajar tidak dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknologi seperti, zoom meeting, google meet, ataupun aplikasi belajar lainnya. Pentingnya meningkatkan motivasi belajar pada saat pandemic seperti ini. Oleh karna itu diperlukan pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan saat belajar.

 

Motivasi belajar sangat penting dimiliki siswa karna sebagai pendorong yang dapat membuat seseorang akan tertarik untuk terus belajar. Ketika siswa memiliki ketertarikan dalam belajar maka akan terus mencari hal yang tidak diketahui dan akan menanamkan pemikiran yang kritis. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi siswa. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran online supaya tidak membosankan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan