Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Uhamka adakan Pendampingan Belajar untuk Anak-Anak SD di Jati Rahayu

Sabtu, 06 Maret 2021 | 10:44 WIB Last Updated 2021-03-06T03:44:11Z


Kabarpendidikan.id
Program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) pada 15 Februari 2021 secara resmi membuka kegiatan KKN melalui Zoom Meeting yang menandakan dimulainya kegiatan KKN Tematik (KKN-T) di masa pandemi COVID-19. Kegiatan KKN-T diselenggarakan selama 15 hari mulai dari 17 Februari 2021 hingga 3 Maret 2021 di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa. Program studi memberikan kebebasan kepada mahasiswanya untuk memilih pendekatan kegiatan KKN-T baik secara individu atau kelompok terbatas yang beranggotakan paling banyak 5 orang. Adapun tujuh materi kegiatan KKN-T yang dapat dipilih mahasiswa yaitu pendampingan mengajar, pendampingan ibadah, pendampingan kreativitas anak, analisis kebutuhan belajar, kolaborasi kegiatan karang taruna, penyuluhan adaptasi kebiasaan baru dan literasi dan numerasi.


Setelah diberikan pembekalan kegiatan KKN-T, mahasiswa dibantu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilaksakan selama 15 hari. Mianzhalli Tri Yunitha, Elsa Nabilah, Evi Sri Hastuti dan Khoirunnisa yang tergabung dalam kelompok terbatas 13 dibawah bimbingan Bapak Wahidin, M.Pd sebagai Dosen Pembimbingan Lapangan (DPL) melaksanakan kegiatan KKN-T di Jalan Haji Harun VI, Jati Rahayu, Pondok Melati, Bekasi. Tepat ditanggal 17 Februari 2021 kegiatan KKN diawali dengan silaturahmi dengan ketua RT wilayah setempat untuk menginformasikan bahwa akan dilaksanakan KKN-T beserta program kegiatan yang akan dijalani. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi bersama warga setempat yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan KKN Tematik.


Kegiatan yang dijalani selama KKN-T antara lain mendampingi siswa sekolah online, mengaji bersama, pelatihan bela diri pencak silat, menanam bersama ibu-ibu PKK, penyuluhan kebiasaan baru kepada anak-anak, penyemprotan desinfektan dan banyak kegiatan lainnya. Kegiatan yang paling ditunggu anak-anak yaitu pendampingan kreativitas, mahasiswa mengajak anak-anak membuat pot dari botol bekas, membuat kreasi siklus air, membuat kreasi kaos tie dye, fun cooking dan berbagai kegiatan lainnya. Anak - anak terlihat sangat antusias dan senang setiap kali mengikuti kegiatan ini. Salah seorang ibu (warga setempat) mengatakan "Bagus ya ada kegiatan seperti ini, bikin anak-anak tidak main hp melulu". 


Berbagai kegiatan satu persatu dilalui bersama, anak - anak yang terlibat menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan KKN "Seru dan senang bisa ikut kegiatan sama kakak-kakak”. Mianzhalli selaku ketua kelompok terbatas 13 menyampaikan “besar harapan kegiatan KKN-T yang telah kami jalani meninggalkan kesan dan memberikan manfaat untuk banyak pihak yang terlibat” ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Uhamka adakan Pendampingan Belajar untuk Anak-Anak SD di Jati Rahayu

Trending Now

Iklan

iklan