Mahasiswa Matematika Uhamka Aplikasikan Keilmuannya melalui KKN Tematik di Masyarakat

Selasa, 02 Maret 2021 | 07:37 WIB Last Updated 2021-03-02T00:37:04Z


Kabarpendidikan.id
Sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Prof. DR. Hamka atau UHAMKA mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan yang bertajuk Kuliah Kerja Nyata Tematik atau KKN Tematik itu dilaksanakan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar sekaligus menerapkan keilmuan dan pengetahuan yang sudah diperoleh selama belajar di perguruan tinggi.


KKN Tematik merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dan mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Berbeda dengan tahun sebelumnya, KKN Tematik pada tahun ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Adapun kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan secara daring maupun luring. 


Dalam kegiatan ini, terdapat dua pendekatan, yaitu pendekatan individu dan pendekatan kelompok terbatas,  serta 7 materi dalam pelaksanaan KKN Tematik ini yaitu Pendampingan Mengajar, Pendampingan Ibadah, Pendampingan Kreativitas Anak, Analisis Kebutuhan Belajar, Kolaborasi Karang Taruna, Penyuluhan COVID-19, serta Literasi dan Numerasi.


Sekelompok tim mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yaitu Aprilia Khoirunnisa, Rahmi Assyifa, dan Alica Al Arief melaksanakan salah satu dari 7 materi, yaitu Pendampingan Kreativitas Anak. Tujuan dipilihnya materi tersebut adalah untuk meningkatkan kreativitas anak-anak dalam pemanfaatan benda-benda di sekitarnya menjadi barang yang bermanfaat. Beberapa kegiatan kreativitas yang telah dilaksanakan adalah pembuatan tempat penyimpanan alat tulis dari botol bekas dan juga paper bag yang terbuat dari kertas kado berlokasi di Kelapa Gading Barat. Anak-anak yang mengikuti sangat antusias dengan diadakannya kegiatan tersebut.


Tidak hanya itu saja, kegiatan-kegiatan dari materi lain juga dilaksanakan dan di respon dengan antusias dan semangat dari anak-anak yang mengikutinya.


Khoerul Umam selaku dosen pembimbing mengungkapkan dalam wawancara bahwa "kegiatan KKN Tematik ini sebagai bentuk aplikasi keilmuan yang telah mahasiswa dapatkan di perkuliahan untuk diterapkan di masyarakat serta menjadikan mereka mendapatkan pengalaman langsung dalam memberikan edukasi terhadap anak-anak di lokasi KKN," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Matematika Uhamka Aplikasikan Keilmuannya melalui KKN Tematik di Masyarakat

Trending Now

Iklan

iklan