Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA berperan aktif di Masyarakat dengan laksanakan KKN

Senin, 01 Maret 2021 | 22:52 WIB Last Updated 2021-03-02T00:53:44Z


Kabarpendidikan.id Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Uhamka adakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan cara yang berbeda. Pada tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, KKN Tematik saat ini dilaksanakan sesuai daerah domisili mahasiswa masing-masing. Dari seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika semester 7 dibagi menjadi beberapa kelompok dan kelompok kami bertugas menjalankan kegiatan KKN Tematik ini di empat tempat yang berbeda, yaitu di daerah DKI Jakarta dan Jawa Barat. 


Kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan selama 15 hari pada tanggal 17 Februari hingga 3 Maret 2021 yang dilaksanakan oleh Faza Syamila, Meila Asysyaffa, Nathania Ardya Pramesti, Umu Umairoh, dan Uswatun Khasanah selaku mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA Semester 7 yang dibimbing oleh Ibu Ayu Faradillah, M.Pd. dengan tema Pendampingan Mengajar.


Dalam kegiatan ini, wahasiswa mendampingi anak berusia 6-19 tahun dalam belajar, mulai dari membaca, menulis, dan menghitung (CALISTUNG), mendampingi mengajar seluruh mata pelajaran kelas 4 SD, mendampingi mengajar matematika kelas 10, 11 SMA dan SMK. Materi yang kedua yaitu Pendampingan Ibadah, mendampingi anak dalam Ibadah, mulai dari belajar membaca Alqur’an, Iqro, Tajwid, menghafal Juz 30,  hadist  & doa sehari-hari  sampai praktek sholat. Selanjutnya Pendampingan Kreativitas Anak, dalam kegiatan ini mahasiswa mengajak anak-anak membuat kerajinan tangan seperti, membuat paper craft, alat peraga (pohon berhitung), dan membuat barang bermanfaat dari barang bekas. Keempat Analisis kebutuhan belajar keluarga/masyarakat, pada kegiatan ini mahasiswa mewawancarai beberapa anak mengenai kesulitan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dariawancara tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar pada masa pandemik ini diantaranya, terkendala dalam jaringan, kegiatan belajar mengajar tidak kondusif, banyak orang tua yang kurang memahami teknologi, dan juga lebih banyak tugas dibanding tatap muka.


Materi kelima yaitu Penyuluhan Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada Pandemi Covid-19, penyuluhan yang kami laksanakan mengenai 3M (Menjaga jarak, Mencuci tangan, dan Memakai masker) dan pada penyuluhan tersebut k juga menampilkan video tentang “seberapa bahaya virus corona”, dan membagikan masker kepada masyarakat sekitar. 


Selanjutnya, materi yang terakhir adalah Literasi dan Numerasi, kegiatan yang dilakukan adalah anak-anak diminta mewarnai gambar yang sudah disiapkan kemudian menceritakan tentang covid-19 menurut pandangan masing-masing anak tersebut dan juga mengajak anak-anak bermain games matematika.


Semua kegiatan yang sudah kami lakukan dilaksanakan dirumah masing-masing dengan memanggil beberapa anak dan kegiatan ini ditanggapi positif oleh mereka seperti yang diungkapkan oleh Novita yang merupakan salah satu peserta KKN Tematik yang mengatakan “Kegiatan KKN Tematik ini sangat membantu dikondisi pandemi saat ini. Saya lebih memahami materi dengan jelas baik itu materi pelajaran, Ibadah, dan kebersihan”. Tuturnya.


Dilain pihak, Yuli mengungkapkan pendapatnya tentang KKN Tematik ini, dia mengatakan “Saya merasa senang dibimbing dengan Ka Faza dan saya jadi lebih cepat bisa berhitung perkalian”. Ujarnya.


Harapan dalam kegiatan KKN Tematik ini adalah, masyarakat lebih sadar dalam  menerapkan protokol kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan rumah, dan anak anak lebih semangat dalam pembelajaran online.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA berperan aktif di Masyarakat dengan laksanakan KKN

Trending Now

Iklan

iklan