Mahasiswa FAI Uhamka Tumbuhkan Rasa Empati Melalui Kegiatan KKS

Rabu, 10 Maret 2021 | 10:26 WIB Last Updated 2021-03-10T03:26:00Z


Kabarpendidikan.id
Tuntutan masyarakat terhadap lembaga pendidikan untuk mampu mencetak generasi yang dapat mewujudkan cita-cita bangsa dimana tersirat dalam Pembukaan UUD 1945, menyebabkan lembaga pendidikan terus mencari terobosan dalam menjawab tantangan zaman. Melalui pengabdian masyarakat yang dikemas menjadi Kuliah Kerja Sosial (KKS), civitas akademik mahasiswa dan Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka berkolaborasi dengan lembaga kemasyarakatan.


Kegiatan ini menuntut mahasiswa untuk turut menyaksikan langsung problematika yang dialami oleh masyarakat. Hal ini bukan hanya sebagai syarat kelulusan perkuliahan saja, namun juga sebagai ajang penanaman rasa empati serta bentuk tuntutan agara mahasiswa ikut berperan aktif pada masyarakat untuk menyalurkan inovasi dalam menyeslesaikan permasalahan yang didapati.


Kegiatan ini bertemakan “Proteksi Diri Dalam Penyebaran Covid 19 Melalui Pembelajaran 4.0”. Melalui seminar penyuluhan dan edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan dimasa pandemi ini. Serta demonstrasi penggunanan media belajar yang asyik, menyenangkan, dan bisa dilakukan dimana saja melalui Quizizz.


Seminar ini diketuai oleh Ahmad Agus Baidhowy, yang beranggotakan Agus Mifta dan Farhan, serta didampingi oleh Dosen Pembimbing Muhammad Arifin Rahmanto yang juga sebagai narasumber/pemateri pendemonstrasian media belajar menggunakan Quizizz. Serta seminar itu dihadiri oleh relawan PMI Kota Tangerang Selatan, Bisma Ramadhan Presiden Mahasiswa STIkes Widya Dharma Husada Kota Pamulang dengan kejuran Keperawatan.


Kegiatan seminar ini dihadiri oleh pendidik dan peserta didik Majlis Tahfidz Yayasan Baitul Ihsan Al Mukhlisin yang dibatasi tidak lebih dari 30 orang, mengingat keterbatasan fasilitas serta bentuk upaya penerapan protokol kesehatan untuk tidak berekerumun berdesakan dimasa pandemi Covid 19.


Seminar ini dilaksanakan di Yayasan Baitul Ihsan Al Mukhlisin yang beralamatkan Jl. Inter Kota Indah Rt. 09 Rw. 07 Jakarta Barat. Dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 11.30 WIB. Lokasi ini dipilih karena berdekatan dengan tempat tinggal panitia pelaksana, dan juga mengingat pentingnya meminimalisir bepergian jauh dimasa pandemi ini (14/02).


Kegiaatan seminar ini berjalan dengan sangat baik serta mendapatkan antusias yang besar dari peserta seminar juga tuan rumah. Karena acara ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Yayasan Baitul Ihsan Al Mukhlisin Bapak Susilo Eko Purnomo, Ketua Majlis Tahfidz Bapak Sumarna beserta jajarannya yang ikut menghadiri pelaksaan kegiatan sampai dengan selesai.


Proses kegiatan ini yaitu pembacaan kitab suci Al Qur’an, kemudian sambutan-sambutan dari ketua panitian, ketua Majlis Tahfidz, ketua Yayasan Baitul Ihsan Al Mukhlisin, serta dosen pembimbing. Lalu dilanjut dengan pemaparan materi yang berisi tentang proteksi diri terhadap bahaya Covid 19, lalu pemaparan materi yang kedua tentang penggunaan media pembelajaran yang efektif dan efesien dimasa pandemi dengan media Quizizz. Lalu mempraktekkan langsung penggunaan media Quizizz. Dan diakhiri dengan sesi tanya jawab, games, dan doa penutup.


Menurut Ketua Yayasan Baitul Ihsan Al Mukhlisin “kegiatan ini sangat bagus, mengingat yayasan ini belum lama bediri, tentu sangat merasa terhormat dan bahagia mendapat kesemapatan kedatangan mahasiwa dengan kegiatan yang positif, baik bagi individu ataupun bagi yayasan ini”. Kebahagiaan ini juga terlihat dari peserta didik yang ikut menjadi peserta seminar, “acaranya seru, asyik, dapet ilmu juga dapet snack” ujarnya.


Panitia berharap bahwa kesempatan seperti ini dapat menjadi manfaat bagi orang banyak, khususnya keluarga Yayasan Baitul Ihsan Al Mukhlisin serta lingkungannya. Tentunya ini bisa menjadi contoh kepada mahasiswa-mahasiswa juga pemuda-pemuda lain untuk tidak menjadikan masa pandemi ini sebagai alasan untuk tidak berbuat kebaikan, justru jadikan masa pandemi yang penuh keterbatasan ini sebagai celah untuk lebih lihai lagi dalam melakukan kegiatan yang positif tanpa harus melanggar Protokol Kesehatan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FAI Uhamka Tumbuhkan Rasa Empati Melalui Kegiatan KKS

Trending Now

Iklan

iklan