Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19

Selasa, 30 Maret 2021 | 19:00 WIB Last Updated 2021-03-30T12:00:38Z


(Hamda Rissallah/ Mahasiswa D3 Akuntasi FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Indonesia saat ini sedang dilanda pandemic yang berlangsung cukup lama, pandemic tersebut ialah COVID-19. COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019 lalu , karena virus cukup berbahaya WHO merekomendasikan untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan , bersosial distancing dan menggunakan masker sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, WHO juga merekomendasikan untuk menghentikan kegiatan yang akan berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Oleh karena itu banyak aktifitas kehidupan masyarakat terbatasi begituh pula dengan kegiatan belajar mengajar baik seorang siswa maupun mahasiswa, yang mana aktifitas tersebut cukup terhambat yang semula aktifitas kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka, karena adanya pandemic ini kegiatan pembelajara dilakukan dengan jarak jauh/ secara online (daring).

 

Pembelajaran secara daring pertamakali diterapkan pada bulan Maret 2020 sampai waktu yang belum ditentukan. Pembelajaran secara daring sendiri mempunyai sisi positif dan negatif yang saling beriringan. Sisi positif dari pembelajaran jarak jauh yaitu siswa atau mahasiswa dapat belajar sambil melakukan aktivitas lain dirumah, mengikuti seminar secara online yang tidak berbayar. Akan tetapi sisi negative lebih mendominasi dibandingkan dengan sisi positif yaitu terkendalanya oleh jaringan membuat siswa atau mahasiswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh dosen atau guru pengajar. Sulit jaringan , sulit menyerap materi mengakibatkankan banyaknya materi yang tidak tersampaikan dengan jelas. Banyaknya materi yang tidak tersampaikan dengan jelas menjadikan mahasiswa atau siswa kurang semangat dalam menjalani perkulihan atau belajar online.

 

Pembelajaran jarak jauh sangat tidak mudah untuk dilaksanakan , dikarenakan pembelajaran jarak jauh sangat tidak efektif, menimbulkan banyak keluhan dari berbagai pihak , siswa atau mahasiswa, dosen atau pengajar. Solusi untuk permasalahan pembelajaran daring ini seharusnya pihak Universitas atau sekolah menyesuaikan kurikulum dengan keadaan saat ini sehingga kegiatan pembelajaran daring dapat dilaksanakan cukup efektif. Diperlukan pula model pembelajaran yang atraktif, aktif, dan dapat diterima oleh semua tipe mahasiswa tanpa merasa terbebani.

 

Pemerintah juga mengusahakan yang terbaik untuk menunjang keberlangsungan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ini, seperti contohnya pemberian subsidi kuota bagi siswa, guru, mahasiswa, maupun dosen tiap bulannya dengan pembagian yang merata. Selain itu pemerintah seharusnya lebih memperhatikan keadaan masyarakat yang lebih membutuhkan dikarenakan masih banyak siswa atau mahasiswa yang tidak menerima subsidi kuota atau bantuan dari pemerintah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan