Tips Belajar Daring yang Menyenangkan dan Efektif di SD

Selasa, 02 Februari 2021 | 14:12 WIB Last Updated 2021-02-02T08:14:43Z


Kabarpendidikan.id
Tidak terasa ternyata sudah hampir setahun pemerintah melakukan pembatasan fisik (physical distancing) dan meminta siswa maupun kalangan mahasiswa dianjurkan untuk belajar, bermain dan beribadah dari rumah. Sejak dinyatakannya kasus positif pertama Covid-19 di Indonesia pada awal Maret 2020 lalu, Kemendikbud mengambil kebijakan program “ Belajar dari Rumah ” Langkah tersebut diambil pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia yang telah menelan banyak korban. Pencegahan ini menyebabkan perubahan total pada sistem pendidikan di Indonesia, yang dari sistem tatap muka menjadi sistem daring. Menghadapi ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi dan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka di sekolah, para pendidik atau pengajar perlu mempersiapkan dan merancang kegiatan pembelajaran daring yang kreatif,  efektif dan menyenangkan. Namun, memasuki bulan keduabelas sejak diberlakukannya pembelajaran jarak jauh ini siswa mulai merasa jenuh. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan guru saat siswanya mulai merasa jenuh adalah meningkatkan lagi media pembelajaran yang seru, menyenangkan, tidak cepat bosan sekaligus bermakna.

 

 

Tips efektivitas “Belajar dari Rumah” adalah bagaimana guru tetap kreatif menyajikan pembelajaran daring yang mudah dimengerti, setidaknya ada 7 hal penting yang perlu diupayakan dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, antara lain sebagai berikut :

 

 

 

 

1. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kondisi dan

kebutuhan anak

Guru mengajar serba online selama pandemi, baik daring maupun luring. Dengan adanya teknologi membantu guru dalam menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran daring. Guru perlu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara berstruktur serta mengatur langkah-langkah pembelajaran secara efektif dan efisien. Semua membutuhkan persiapan, ketelitian, dan tentu saja kesabaran. Guru juga harus menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas dan mengatur waktu secara efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran.

 

2. Lakukan apersepsi seperti, tebak-tebakan atau pengalaman anak guna menumbuhkan rasa

ingin tahu, dan ketertarikan mereka mengenai materi yang akan dipelajari hari itu

Apersepi dari guru sangat penting dilakukan di awal pembelajaran. Ibarat sebuah kendaran kita harus memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum mengajaknya jalan. Nah, dalam pelaksanaan pembelajaran, apalagi kelasnya daring, perlu dilakukan pemanasan dulu agar anak-anaknya semangat.

 

3. Pilihlah web atau aplikasi yang mudah untuk diakses di manapun dan kapanpun

Mengajar di masa pandemi tidak perlu dibuat bingung atau pusing, namun guru hanya perlu memikirkan aplikasi apa yang akan digunakan agar memudahkan ketika mengajar anak-anaknya. Sudah banyak kok aplikasi mudah yang bisa digunakan, misalnya Google meet, Zoom yang sudah sangat familiar, Selain Zoom, guru juga bisa menggunakan Google Classroom, Quipper, Quiz, bahkan WhatsApp juga bisa digunakan untuk belajar daring.

 

4. Menggunakan media pembelajaran

Agar menarik siswa mengikuti pembelajaran daring, guru hendaknya membuat media pembelajaran yang kreatif dan menarik. Siapa tahu dengan adanya media pembelajaran membuat siswa semakin semangat dalam mengikuti sesi virtual dengan guru dan teman-temannya. Banyak media pembelajaran yang bisa dibuat dengan mudah, murah dan ditemukan di sekitar rumah, seperti menggunakan bekas kaleng, botol minuman, kalender, batu, daun, maupun biji-bijian. 

 

5. Sapalah anak dengan bernyanyi dan berdoa, guna menumbuhkan semangat siswa untuk

memulai dan mengikuti pembelajaran secara virtual

Siswa tetaplah anak-anak yang butuh bimbingan, perhatian, dan juga memberikan motivasi semangat. Terlebih belajar dimasa pandemi seperti ini, mereka harus dibangkitkan semangatnya. Anak-anak butuh semangat dari guru-nya, seperti tepuk tangan, bernyanyi, permainan kata, maupun lainnya. Keberhasilan guru dalam memberikan semangat siswa akan berdampak positif bagi belajar daring.

 

6. Selingan dengan permainan yang berkaitan dengan pelajaran untuk membangkitkan semangat

anak disaat mereka sudah mulai bosan

Agar siswa betah mengikuti kelas virtual tidak bosan dalam belajar online, guru perlu memberikan kuis, games, olahraga ringan atau permainannya yang sesuai dengan pelajaran. Dengan catatan, semua siswa mengikutinya dan membuka kamera zoomnya.

 

7. Berikan hadiah atau penghargaan

Selama belajar daring, siswa dihinggapi rasa jenuh dan bosan. Tidak bisa jumpa teman, tidak dapat berinteraksi langsung dengan teman-teman dan gurunya. Salah satu solusinya adalah guru memberikan penghargaan kepada siswanya, bisa berupa buku bacaan, alat tulis, atau memberikan penghargaan langsung secara lisan.

 

“ Belajar dari Rumah ” melalui apalikasi dapat menjadi efektif dan menyenangkan jika terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Guru harus terus melakukan pengarahan dan pemberian umpan balik untuk memastikan siswa dapat menerima pembelajaran dan menyelesaikan tugas dengan baik. Nah, di atas adalah 7 tips mengajar daring secara efektif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa dan tentu saja buat gurunya loh.

 

(Syifa Fauzia / Mahasiswa PGSD Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips Belajar Daring yang Menyenangkan dan Efektif di SD

Trending Now

Iklan

iklan