Pelajar Harus Kenali 3 hal yang harus dilakukan selama Pandemi Covid-19

Rabu, 03 Februari 2021 | 15:10 WIB Last Updated 2021-02-04T13:13:10Z


Kabarpendidikan.id
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa wabah Covid – 19 ini sudah masuk di Indonesia sejak 2 maret 2020. Wabah ini muncul pertama kali di kota Wuhan, China. China melaporkan secara resmi adanya virus corona  kepada Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) pada 31 Desember 2019. Namun tim dari Universitas Harvard, dengan menganalisis foto – foto satelit lalu lintas di sekitar sejumlah rumah sakit di wuhan, mengatakan warga di sana mungkin telah mulai terinfeksi sejak akhir Agustus 2019. Melansir The Guardian (8/4/2020) Profesor Stephen Turner, Kepala Departemen Mikrobiologi Monash University, Melbourne, berpendapat bahwa virus ini kemungkinan besar berasal dari kelelawar.

 

Sampai sekarang Covid – 19 masih ada di berbagai negara di dunia ini. Termasuk di Indonesia, kasus ini setiap harinya terus meningkat. Sampai pada saat ini menembus 1,04 jt. Pemerintah sendiri pun sudah melakukan berbagai banyak tindakan salah satunya menerapkan sistem “Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB )”. Sistem ini diberlakukan pada tanggal 17 april 2020. Dengan diberlakukanya sistem PSBB ini membuat semua kegiatan dihentikan atau dirumahkan. Salah satunya kegiatan pembelajaran disekolah, yang terpaksa semua murid harus belajar dari rumah. Tujuannya untuk mengurangi kasus Covid – 19. Dan sampai sekarang seluruh siswa di Indonesia masih melakukan pembelajaran dari rumah sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

 

Sebelum masa pandemi ini para pelajar terbiasa beraktifitas di luar rumah, seperti belajar disekolah. Namun setelah adanya pandemi ini dan diberlakukannya PSBB, membuat para pelajar beraktifitas didalam rumah, semua kegiatan dilakukan didalam rumah. Sehingga hanya bisa berinteraksi dengan guru dan teman – teman melalui zoom atau google meet. Dengan beraktifitas di dalam rumah mungkin membuat para pelajar merasa bosan. Karena tidak bisa bertemu dengan teman – teman. Tetapi tanpa kita sadari sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita lakukan sebagai seorang pelajar selama dirumah saja.

 

Lalu hal positif apa saja yang bisa kaum pelajar lakukan selama masa pandemi ini? Berikut hal positif yang bisa kaum pelajar lakukan selama masa pandemi:

 

Membantu Orang Tua

Membantu orang tua merupakan hal yang sangat positif yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar selama masa pandemi ini. Setiap saat kita bisa membantu orang tua. Yang biasanya kita dapat membantu orang tua hanya di hari – hari libur saja ketika kita ada dirumah. Namun saat ini kita banyak mempunyai waktu untuk membantu orang tua. Selain bermanfaat kita juga mendapat pahala.

 

Berolahraga

Sebelum pandemi ini mungkin beberapa aktivitas olahraga yang jarang sekali bisa dilakukan secara rutin dimasa normal seperti, bersepeda atau lari. Karena, kesibukan kita sebagai kaum pelajar yaitu bersekolah. Sehingga tidak bisa berolahraga secara rutin. Namun di masa pandemi ini kaum pelajar bisa melakukan aktivitas olahraga secara rutin agar tetap fit. Berolahraga secara rutin pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Membuat Kerajinan Tangan

Dimasa pandemi ini banyak sekali waktu luang yang sangat bisa dimanfaatkan. Salah satunya yaitu, membuat kerajinan tangan. Seperti membuat tali masker yang sekarang ini sedang dibutuhkan oleh wanita yang berhijab. Kerajinan tangan tersebut dapat dijual, dan uang hasil dari penjualannya dapat menambah uang jajan kita sebagai seorang pelajar.

 

Itulah 3 hal positif yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar selama pandemi Covid – 19. Ke tiga hal itu dapat mengurangi rasa bosan kita sebagai kaum pelajar. Jadikan hari – hari mu menjadi hari yang produktif, yang setiap harinya bisa menghasilkan sesuatu yang baru dan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.

 

Tetap Semangat, Tetap Jaga Kesehatan, dan Tetap Patuhi protokol Kesehatan.

 

(Novi Wulandari / Mahasiswa  PGSD  FKIP  Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelajar Harus Kenali 3 hal yang harus dilakukan selama Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan