Motivasi Belajar Saat Pandemi Corona

Sabtu, 06 Februari 2021 | 14:53 WIB Last Updated 2021-02-06T07:53:01Z


Kabarpendidikan.id
Tidak tahu lagi jika kita mendengar tentang Corona atau dengan sebutan lain Covid-19. Pandemi ini telah mengganggu seluruh aktifitas masyarakat di berbagai sektor terutama di pendidikan. Dengan adanya pandemi ini pemerintah memberlakukan kebijakan physical distancing atau social distancing yang artinya pembatasan sosial. Pembatasan fisik atau jaga jarak ini dimaksudkan untuk meminimalisir penularan penyakit tersebut.

 

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana pendidikan bisa tetap berjalan? Berbicara mengenai pendidikan pasti sangat terganggu dan proses belajar mengajar pun tentu terhambat. Seluruh pembelajaran tatap muka dihentikan seketika. Sampai akhirnya peserta didik dihimbau untuk belajar di rumah. Dengan masa pandemi ini, merupakan hal baru untuk kita warga Indonesia khususnya di dunia pendidikan. Hal ini mengharuskan pendidik maupun peserta didik menguasai teknologi sesuai dengan program pemerintah yang menjadikan pembelajaran tatap muka beralih menjadi online learning atau pembelajaran secara online dengan memanfaatkan jaringan internet.

 

Belajar tidak harus di sekolah dan tidak harus di dalam kelas. Sejatinya belajar tidak terbatas waktu, tempat, dan kondisi. Di mana pun kita bisa belajar. Dari siapapun kita bisa menimba ilmu. Dan kapanpun kita tetap bisa belajar apapun tak lekang oleh waktu. Semua pendidik maupun peserta didik pasti mengalami kesulitan di tengah pembelajaran online tersebut. Akan ada dampak positif dan negatifnya.

 

Di tengah berbagai keterbatasan mulai dari susahnya jaringan internet di daerah yang pelosok, minimalnya kuota internet, kesibukan pekerjaan di rumah, dan masih banyak faktor lain. Inilah dampak negatif dari pembelajaran online yang saya rasakan dan alami. Namun selain itu ada juga dampak positif yang saya rasakan yaitu Metode belajar yang variatif. Dari sini kita bisa jauh lebih kreatif untuk mengembangkan kemampuan di bidang penguasaan materi maupun teknologi. 

(Ratna Adellia/ Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka)

 

 

 

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Motivasi Belajar Saat Pandemi Corona

Trending Now

Iklan

iklan