Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka Terjun Langsung di Masyarakat dalam Proses Pembelajaran

Senin, 15 Februari 2021 | 21:17 WIB Last Updated 2021-02-15T14:17:42Z


Kabarpendidikan.id
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau UHAMKA menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang terlibat dan terjun langsung dalam program KKNT Literasi dan Numerasi yang diselengggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) yang mana pesertanya berasal dari para mahasiswa di seluruh Indonesia. 


Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan suatu bentuk Pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Program ini merupakan kolaborasi Pemerintah untuk menangani pandemic Covid-19. Terdapat 3 jenis Program pilihan KKNT yaitu KKN Tematik Covid 19 Daring, KKN Tematik Covid-19 Luring, KKN Tematik Literasi & Numerasi (Daring & Luring). Program yang dipilih oleh mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA yaitu KKN Tematik Literasi & Numerasi (Daring & Luring). 


Salah satu tim mahasiswa PGSD yang terjun langsung dalam Program KKNT adalah Sarah Rizqi R, Difa Auliarahman, Salma Anis Maulia, Veena Amandayucca, Hasna Azizah, Devi Permatasari, Nur Khasanah, Khorin Kholifadina, Annisa Dwi Kurniawan, Shinta Oktavianita, Dwi Anggi K dan dibimbing langsung oleh Ibu Nurafni yang juga merupakan Sekretaris Program Studi PGSD. 


Target dari program ini yaitu output berupa Log book harian pelaksanaan KIE untuk adaptasi kebiasaan baru, Refleksi perubahan perilaku masyarakat dan tulisan untuk mengkampanyekan adaptasi kebiasaan baru. "Adalah pengalaman yang amat berharga ketika mengikuti kegiatan KKN-T Literasi dan Numerasi, banyak hal baru yang didapatkan mulai dari bagaimana cara menghadapi peserta didik ketika pembelajaran berlangsung, meyusun rencana pembelajaran atau RPP, membuat soal ujian akhir, sampai mengoreksi jawaban para peserta didik. Banyaknya dorongan dari berbagai pihak membuat saya lebih percaya diri dalam mengajar dan mentransfer ilmu kepada para peserta didik, masukan serta nasihat pun saya terima dengan senang hati," tutur Sarah Rizqy yang mejadi ketua Tim KKNT Literasi & Numerasi. 


Ika Yatri selaku Kaprodi PGSD FKIP UHAMKA tidak lupa memberikan arahan dam motivasi kepada mahasiswa yang melaksanakan program ini. Beliau menuturkan “Perubahan hanya akan terjadi oleh generasi muda yang mau berpikir, untuk itu jadilah the agen of change dan bawalah perubahan”. “Lakukan semua dengan hati, mendidik bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, akan tetapi, jika semua dilakukan dengan hati yang ikhlas, maka semua jalan akan terbuka” Support dari Bapak Sahdi Zaman S.Pd.I, M.M selaku kepala SDS Hudatul Khairiyah, Condet, Jakarta Timur. 


Akhir pelaksanaan Kegiatan KKN Tematik, mahasiswa yang telah berpartisipasi sesuai kriteria akan diberi Apresiasi berupa pengakuan kredit (sks) dan sertifikat pengabdian masyarakat serta pengalaman luar biasa terjun langsung menangani proses pembelajaran di tengan pandemic Covid-19. (NA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka Terjun Langsung di Masyarakat dalam Proses Pembelajaran

Trending Now

Iklan

iklan