Fikes Uhamka Jalin Silaturahmi bersama Wali Orang Tua Mahasiswa

Senin, 22 Februari 2021 | 12:32 WIB Last Updated 2021-02-22T07:26:04Z


Kabarpendidikan.id
POTM merupakan Pertemuan Orang Tua Mahasiswa yang setiap tahun diselenggarakan oleh FIKES UHAMKA bagi orang tua mahasiswa baru. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi dan sosialisasi program baik di tingkat fakultas dan program studi terkait akademik (proses belajar mengajar, administrasi, kemahasiswaan, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan) dan non akademik (Lembaga mahasiswa, alumni, dan pengembangan bakat dan minat).


POTM kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di masa pandemik Covid-19 FIKES UHAMKA menyelenggarakannya secara daring menggunakan aplikasi zoom dengan tema “Silaturahmi dan Sinergitas Orang Tua Dengan FIKES UHAMKA Dalam Perkuliahan Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19” yang dilaksanakan pada hari sabtu, 20 februari 2021/8 Rajab 1442H Jam 08.30. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan fakultas yaitu Dekan FIKES UHAMKA Ibu Ony Linda, Wakil Dekan 1, Bapak Mouhamad Bigwanto, Wakil Dekan 2 Ibu Leni Sri Rahayu, dan Wakil Dekan 3, Bapak Muhib Rosyidi, serta pimpinan program studi yaitu Ketua dan sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat Ibu Dian Kholika Hamal, dan Ibu Ana Utami Zainal. Selanjutnya, Ketua dan sekretaris Program Studi Gizi Ibu Debby Endayani Safitri dan Ibu Izna Nurdiyanty Muhdar ditambah dengan kehadiran para dosen Program studi ilmu gizi dan kesehatan masyarakat serta tenaga kependidikan FIKES UHAMKA.


Acara yang berlangsung mulai pukul 08.0 hingga 12.00 wib ini dihadiri orangtua mahasiswa baru sebanyak lebih dari 200 orang dari total 439 mahasiswa FIKES UHAMKA tahun akademik 2020/2021.


Ony Linda selaku Dekan Fikes Uhamka dalam sambutannya mengajak seluruh orang tua untuk senantiasa membangun komunikasi harmonis dengan anaknya sehingga tidak ketinggalan informasi yang dapat merugikan berbagai pihak, meskipun mahasiswa sudah berada di tingkat pendidikan orang dewasa. 


Selain itu, disampaikan pula tentang visi fakultas, Program studi Kesmas dengan fokus kepada Kesehatan perkotaan, dan Program Studi Gizi dengan fokus kepada Gizi dan Pangan halal.


Terkait kemahasiswaan dan sistem akademik, Wakil Dekan 1 menyampaikan bahwa peran serta orang tua sangat penting untuk memastikan kelancaran proses pembelajaran anak atau mahasiswa. Sehingga orang tua bisa ikut memantau perkembangan belajar anaknya.


Aspek keuangan pun tentu penting untuk disampaikan kepada orang tua mahasiswa, maka untuk menjawab hal ini Wakil dekan 2 menyampaikan bahwa pembiayaan diperuntukan untuk peningkatan pelayanan kepada mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki akhlak yang baik dengan  kompetensi yang mampu bersaing di dunia kerja. Kualifikasi dosen, pelayanan kepada mahasiswa dan fasilitas pembelajaran terutama laboratoriun yang telah memenuhi standar kompetensi menjadi pendukung utama keberhasilan pencapaian kompetensi. Pada masa pandemik ini kebijakan yang diambil FIKES untuk mengatasi masalah keuangan orang tua mahasiswa adalah memberikan kesempatan pembayaran secara bertahap dengan prosedur pengajuan yang telah ditetapkan. 


UHAMKA sebagai salah satu kampus Muhammadiyah, memiliki amanah dakwah yang tidak mudah. Dalam hal ini Wakil dekan 3 dan 4 yang mengamanahi bidang kemahasiswaan dan al-Islam Kemuhammadiyahan menyampaikan bahwa perkuliahan reguler (dikelas) tidaklah cukup namun mahasiswa harus punyai nilai lebih baik dari pengalaman organisasi, pertukaran mahasiswa, ataupun jaringan. Mahasiswa tidak hanya diharapkan sekedar punya kecerdasan dalam bidang akademis, namun juga tinggi dalam kepekaan terhadap masyarakat dan siap memberikan solusi atas prolematika masyarakat yang akan datang. Berkaitan dengan al-Islam dan Kemuhammadiyahan, FIKES Uhamka mengupayakan internalisasi nilai Islam kepada mahasiswa secara holistik baik melalui proses perkulaiahan, kegiatan lembaga mahasiswa, dan juga pengembangan kreativitas mahasiswa. 


Orang tua mahasiswa berperan aktif dalam sesi tanya jawab yang menunjukan bahwa apresiasi orang tua sangat tinggi terkait hal penting yang telah disampaikan oleh jajaran pimpinan terkait hal-hal di atas. Beberapa diantaranya yang ditanyakan oleh orang tua siswa yaitu “apakah perkuliahan masih dilaksanakan secara online kedepannya ?” dan dijawab oleh wakil dekan 1 bahwa perkuliahan masih dilakukan secara onine hingga semester berikutnya karena harus terus memantau pandemic saat ini” untuk wakil dekan 2 orang tua menanyakan “apakah ada kebijakan keringanan pembayaran di masa pandemic?” pemotongan terkait keringanan pembayaran yaitu dengan sistem cicilan yaitu dengan syarata dan ketentuan dan juga ada pemberian kuota belajar kepada mahasiswa “. “apakah pertukaran mahasiswa ada di fikes uhamka” pertanyaan yang ditujukan untuk wakil dekan 3 oleh orang tua mahasiswa. Dijawab kemudian bahwa secara informasi akan diinformasikan di media sosial dan secara prosedur bervariasi namun yang diutamakan bahwa memiliki kemampuan Bahasa inggris yang baik dan administrasi lain yaitu paspor, visa dan lain-lain.


FIKES UHAMKA berharap bahwa kegiatan POTM ini dapat bermanfaat bagi orang tua mahasiswa khsusunya mahasiswa fikes uhamka T.A 2020/2021 yang untuk pertama kalinya memulai perkuliahan seara online dan berharap bahwa orang tua mahasiswa dan FIKES UHAMKA dapat berjalan secara beriringan dan saling mendukung satu sama lain agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan baik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fikes Uhamka Jalin Silaturahmi bersama Wali Orang Tua Mahasiswa

Trending Now

Iklan

iklan