Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

Minggu, 31 Januari 2021 | 18:44 WIB Last Updated 2021-02-01T03:45:43Z


Kabarpendidikan.id
Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia pada saat ini, khususnya dalam pendidikan. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran awalnya dilakukan disekolah kini menjadi pembelajaran daring dilakukan dari rumah. Pembelajaran online menjadi solusi efektif untuk mengaktifkan kelas meski sekolah telah ditutup mengingat waktu dan tempat menjadi beresiko pada masa pandemi ini.

 

Mengantisipasi penularan virus, pemerintahan telah menguarkan berbagai kebijakan seperti isolasi, social and physical distancing hingga pembatasan social berskala besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk stay at home, berkerja, beribadah dan belajar dirumah. Kemajuan teknologi informasi sudah sangat maju saat ini, internet bisa menghubungkan siswa dengan guru melalui e-learning, whatsapp group, google class, google doc atau google form, zoom.

 

Belajar online menuntut peran pendidik mengevaluasi efektivitas dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar. Ini penting dilakukan untuk tetap memenuhi aspek pembelajaran seperti proses pengetahuan, moral, keterampilan, kecerdasan dan estetika. Pembelajaran daring dilakukan dengan disesuaikan kemampuan masing-masing sekolah. Belajar daring (online) dapat menggunakan teknologi digital. Variasi platform dan sumber daya yang tersedia membantu menunjang proses pembelajaran selama pandemi Covid-19.

 

Aktivitas pembelajaran dapat dilakukan mulai dari diskusi, presentasi hingga pemberian tugas. Bahwa pembelajaran online melatih kemandirian belajar. Ini akan membutuhkan keterlibatan peserta didik lebih besar untuk meningkatkan perilaku belajar observasional. Penting untuk diperhatikan yakni komunikasi orang tua dan pendidikan untuk mewujudkan kemandirian belajar peserta didik selama masa pandemi Covid-19.  

 

Namun saat ini peran orang tua dalam proses belajar dirumah sangat penting. Pembelajaran online memkasa para orang tua harus menggunakan teknologi, sehingga suka tidak suka dan mau tidak mau harus belajar dan siap mengajar melalui jarak jauh dengan menggunakan teknologi. Orang tua harus menyiapkan alat dan sistem pembelajaran jarak jauh dan melakukan bimbingan kepada anak-anaknya agar bisa menggunakan teknologi modern dalam pembelajaran untuk meninggkatkan kualitas anak. Orang tua harus apresiatif dan melek teknologi untuk membimbing anaknya belajar online akan terlaksana dengan baik, jika ada peran orang tua yang maksimal membimbing anaknya.

 

(Allisa Fadia Rachma / Mahasiswi PGSD FKIP Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan