Keterkaitan Teknologi dan Pendidikan di Masa Pandemi

Sabtu, 30 Januari 2021 | 22:28 WIB Last Updated 2021-01-30T15:28:58Z


Kabarendidikan.id
Covid-19 atau bisa kita sebut  corona, virus yang membahayakan dan  menular  yang berasal dari Huwan (Cina) pada bulan Desember  2019. Virus ini membahayakan  karena  menyebabkan batuk-batuk, sesak nafas, bahkan kematian. Corona mulai terdeteksi  di Indonesia pada bulan Maret 2020. Berawal dari 2 orang yang terinfeksi  dan sekarang menjadi jutaan, bukan Negara Indonesia saja yang saat ini mengahadapi virus ini, bahkan sampai satu dunia pun juga merasakan dampak dari virus tersebut.


Hal tersebut membuat beberapa negara menetapkan  kebijakan untuk memberlakukan lockdown  untuk mencegah  penyebaran  virus  corona. Di Indonesia, pemerintah juga melakukan mencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dimana semua  kegiatan di luar dihentikan sampai  batas waktu yang telah ditentukan. 


Virus corona  menyebabkan semua  sektor merasakan  dampaknya. Dunia pendidikan salah satunya. Dampaknya adalah kegiatan belajar mengajar secara daring. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung dengan guru/dosen, tetapi dilakukan secara online melalui platform komunikasi yang ada, seperti WhatsApp, Zoom, dan Google Meet.  Teknologi sangat dibutuhkan untuk pembelajaran daring ,melalui perangkat alat elektronik seperti laptop atau handphone dengan menggunakan jaringan internet.


Teknologi  adalah yang berhubungan pengambilan, pengolahan, dan penyebaran tentang informasi. Teknologi sangat kita perlukan di kehidupan apalagi di pandemi saat ini untuk KBM (kegiatan belajar mengajar). Teknologi  juga membantu memberikan informasi tanpa harus bertemu langsung dengan bantuan  alat elektronik yang menggunakan internet. 


Selain memiliki banyak kelebihan pembelajaran daring juga memiliki kekurangan, diantaranya  :


GAPTEK (Gagap Teknologi) 

Banyak anak atau orang tua yang tidak mengerti teknologi dan terkadang anak anak menyalahgunakan teknologi. Seperti bermain games, menonton situs porno, berkata kasar di sosial media, dan lain-lain.


Terkendala Sinyal 

Bagi mereka yang tidak tinggal di kota-kota besar terkadang sulit sekali mendapatkan sinyal yang menyebabkan KBM terganggu. Seharusnya pemerintah setempat memperhatikan keadaan tersebut.


Alat Komunikasi

Tidak semua dari kita mempunyai atau bisa membeli alat elektronik seperti handphone. Banyak juga ditemukan didalam sebuah keluarga satu handphone digunakan untuk lebih dari satu orang. 


Kouta Internet 

Mahalnya kouta intenet menjadi  salah satu menyebab dari kekurangan pembelajaran daring. Penghasilan orang tua yang hanya cukup untuk kebetuhan hidup sehari- hari terkadang tidak mampu untuk membeli kouta intenetnya setiap bulan. Namun saat ini, pemerintah sudah memberikan kouta internet seacara gratis untuk semua pelajar dan mahasiswa di Indonesia walaupun belum merata.


(Putri Assyiva Septiyani / Mahasiswa PGSD Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keterkaitan Teknologi dan Pendidikan di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan