Pendidikan Masa Depan Akan menggunakan Media Big Data

Jumat, 11 Desember 2020 | 20:16 WIB Last Updated 2020-12-15T03:20:09Z


Kabarpendidikan.id
Covid-19 telah membawa dampak yang masif terhadap sistem pembelajaran di berbagai sektor pendidikan. Banyak fungsi dan manfaat yang hadir dari sistem pembelajaran yang baru ketika pandemi berlangsung.

 

Fungsi kelas yang mulanya tersistem secara tatap muka perlahan mulai bertransisi menjadi sitem pelajaran secara jaringan meskipun dengan segala kekurangan yang hadir pembelajaran sistem daring dapat menjadi solusi alternatif agar pembelajaran tetap berlangsung.

 

Kedepannya tak menutup kemungkinan internet, big data, hingga kecerdasan buatan menjadi masa depan pendidikan nasional pasca pandemi.

 

Peneliti pusat riset pendidikan vokasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Iwan Kustiawan mengatakan, visi dari pendidikan pun akhirnya bertransisi dengan cepat. Menurutnya pasca pandemi, penggunaan big data hingga artificial intelegent (AI) atau kecerdasan buatan di dunia pendidikan akan semakin meningkat.

 

“Internet, big data, AI, 5G dan platform berbasis cloud harus diintegrasikan dalam layanan pendidikan. Ada paradigma yang berubah saat ini yang membuat paradigma pendidikan setelah pandemi juga ikut berubah,” ujar Iwan dalam webinar Hasil Studi Pusat Riset Pendidikan Vokasi UPI, Jumat, 11 Desember 2020.

 

Namun, ke depan menurutnya kualitas dari pembelajaran daring harus mampu ditingkatkan. Kedepan dirinya juga berujar Integrasi jangka panjang dari pengajaran dan pembelajaran daring tidak menutup kemungkinan akan dimuat dalam kurikulum.

 

“Atau kita juga bisa melakukan blended learning. Untuk sampai ke sana diperlukan adanya pendidikan guru daring ya,” sambung Iwan.

 

Kendati demikian aktivitas kuliah yang kolaboratif itu kata dia bergeser dengan sendirinya setelah pandemi. Selain itu kata Iwan, visi pendidikan pascapandemi akan mengerahkan pendidik dan anak didik untuk memiliki kemampuan kolaborasi.

 

“Covid-19 membawa perubahan paradigma ke dalam mentalitas institusi pendidikan dan menginspirasi visi pendidikan jangka panjang,” tutup dia. (LBM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan Masa Depan Akan menggunakan Media Big Data

Trending Now

Iklan

iklan