Kuota Siswa untuk SNMPTN 2021 Diumumkan Hari Ini

Senin, 28 Desember 2020 | 13:06 WIB Last Updated 2020-12-30T16:38:39Z


Kabarpendidikan.id
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) hari ini akan mengumumkan kuota siswa pada setiap sekolah untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN ) 2021.

 

Budi P Widyobroto selaku Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT mengatakan “Sesuai dengan tahapan pendaftaran yang ditetapkan LTMPT maka hari ini, LTMPT selaku lembaga penyelenggara SNMPTN dan SBMPTN akan melakukan pengumuman kuota siswa yang berhak untuk mendaftar SNMPTN di setiap sekolah.” Ujarnya pada Senin (28/12).

 

Budi menerangkan, pengumuman kuota untuk SNMPTN 2021 ini bisa dilihat oleh sekolah di laman resmi LTMPT di ltmpt.ac.id pada pukul 15.00 WIB. Pengumuman kuota oleh LTMPT untuk jalur prestasi ini dilakukan bagi sekolah sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa seluruh Indonesia.

 

Selanjutnya, LTMPT memberikan waktu layanan masa sanggah tentang kuota oleh sekolah. "15 Januari," kata Budi terkait batas waktu layanan masa sanggah yang diberikan untuk para sekolah ketika dihubungi SINDOnews, Senin (28/12/2020).

 

“Jika ada sekolah yang ingin menyanggah maka bukan di laman LTMPT. Melainkan proses verifikasi dan validasinya bisa dilakukan di laman Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud di vervalsp.data.kemdikbud.go.id.” kata Budi.

 

Berikut ini adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2021. Diawali dengan pengumuman kuota oleh LTMPT. Lalu registrasi akun LTMPT bagi sekolah yang bisa dilakukan di laman https://portal.ltmpt.ac.id . Setelah sekolah maka siswa pun harus registrasi akun LTMPT yang wajib dilakukan bagi semua siswa kelas 12.

 

Setelah itu sekolah menentukan calon peserta berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-Pusdatin Kemendikbud atau EMIS Kemenag. Selanjutnya tahapan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDS). Lalu pendaftaran SNMPTN pada 15-24 Februari dimana siswa bisa memilih PTN dan program studi dan pengunggahan portofolio.

 

Selanjutnya seleksi jalur SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. LTMPT lalu akan mengumumkan kelulusan hasil SNMPTN pada 22 Maret 2021 dan bagi siswa yang lulus wajib nelakukan daftar ulang yang informasinya tersedia di laman PTN penerima. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuota Siswa untuk SNMPTN 2021 Diumumkan Hari Ini

Trending Now

Iklan

iklan