Kemendikbud Akan Selenggarakan Pembekalan Untuk Pembelajaran Tatap Muka 2021 Mendatang

Jumat, 04 Desember 2020 | 11:18 WIB Last Updated 2020-12-04T06:23:22Z


Kabarpendidikan.id
Pembelajaran Tatap Muka akan kembali diberlakukan pada Januari mendatang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK),  berencana menggelar pelatihan yang akan diberikan kepada para guru melalui webinar guru belajar, yang dimaksudkan untuk memberi pembekalan terkait persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Januari 2021.

 

“Kita memulai sebuah seri baru, seri webinar untuk guru kita bisa belajar, seri webinar guru belajar. Kita mengambil fokus yaitu persiapan PTM semester genap pada Januari 2021,” kata Iwan Dirjen GTK dalam Peluncuran Seri Webinar Guru Belajar Persiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap 2020/2021, Jum’at 4 Desember 2020.

 

Iwan menambahkan Agar semakin matang ketika melaksanakan PTM pada Januari 2021 nanti, guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan diharapkan dapat mengikuti seri webinar ini.

 

“Webinar akan terselenggara dalam beberapa minggu ke depan, kita akan setiap hari ada topik tentang persiapan untuk penyesuaian yang perlu dilakukan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang PTM di masa pandemi,” lanjut dia.

 

Iwan mengatakan Ada banyak hal yang harus diperhatikan guru dalam memersiapkan PTM ini. Iwan juga berharap agar guru-guru tak berhenti belajar dan melakukan penyesuaian untuk menjalankan pendidikan di tengah pandemi.

 

“Jadi bukan hanya kesiapan pendidikan untuk daftar periksa protokol kesehatan, tapi juga proses-proses pembelajaran juga dapat dikelola dengan baik. Untuk pengelolaan hal tersebut kita memerlukan persiapan-persiapan supaya bisa dilakukan dengan dengan baik, jelas Iwan.

 

PTM maupun PJJ kata Iwan memiliki tantangannya sendiri. Untuk itu guru mesti terus berlatih, belajar dan melakukan penyesuaian pendidikan selagi masa pandemi ini berlangsung.

 

“Kita selalu dituntut untuk belajar karena situasi yang terus berubah, pemahaman kita tentang konflik, juga kebutuhan-kebutuhan kita juga berubah dan ini membutuhkan kita untuk terus menerus belajar,” tutupnya. (LBM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbud Akan Selenggarakan Pembekalan Untuk Pembelajaran Tatap Muka 2021 Mendatang

Trending Now

Iklan

iklan