Digitalisasi Sekolah 2021, Mendikbud Bakal Bagikan Laptop ke Sekolah

Rabu, 02 Desember 2020 | 14:13 WIB Last Updated 2020-12-02T07:13:31Z


Kabarpendidikan.id
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berkomitmen mengakselerasi sekolah digital pada 2021 mendatang.


Digitalisasi Sekolah merupakan implementasi dari new learning, yang disiapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Karakteristik new learning tersebut adalah student centered, multimedia, collaborative work, information exchange, dan critical thinking and informed decision making.


Nadiem mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (IT) seperti laptop dan komputer untuk diberikan kepada sekolah. Hal ini dilakukan demi memberikan kesempatan bagi para guru dan murid untuk mendapatkan akses pada dunia digital.


Sekolah di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), kata Nadiem, akan diprioritaskan menerima bantuan berupa laptop, proyektor, serta perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK).


"Digitalisasi sekolah, kita bakal akselerasi memberikan laptop-laptop, proyektor dan Wi-Fi-lator kepada sekolah-sekolah agar guru-gurunya dan anak-anaknya punya akses kepada dunia internet ya," kata Nadiem Makarim pada siaran langsung di Instagram yang dilakukan bersama Maudy Ayunda, Jumat (27/11/2020).


Program digitalisasi yang akan dimulai tahun depan telah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo untuk dikerjakan bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).


Nadiem menyebutkan akan bekerjasama dengan kementerian lain, untuk memperluas jaringan internet ke seluruh pelosok negeri. "Bagian kita bukan jaringan, tapi kita penggunaannya. Tapi kita akan dukung penjaringan di kementerian lain, akan kita terus koordinasi dengan mereka," ucap Nadiem Makarim. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Digitalisasi Sekolah 2021, Mendikbud Bakal Bagikan Laptop ke Sekolah

Trending Now

Iklan

iklan