Masalah kualitas Pendidikan Bukan Bertolak dari Kapsitas Guru

Kamis, 26 November 2020 | 21:15 WIB Last Updated 2020-11-26T14:15:57Z


Kabarpendidikan.id
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi mengatakan bahwa persoalan pendidikan bukan terletak pada kemampuan guru. Sebab menurutnya, guru hanya perlu mengikuti kebijakan pemerintah.

 

“Persoalan pendidikan bukan terletak pada guru, karena guru dikenal sebagai kurikulum terbaik. Dia mengikuti apa yang ditetapkan. Persoalan kita di tingkat policy, di kebijakan,” kata Unifah dalam siaran langsung Instagram.

 

Menurutnya, hingga sekaranng belum ada kebijakan yang memiliki konseptual yang baik. Unifah juga menyatakan bahwa dirinya meragukan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal peningkatan kualitas pendidikan.

 

“Kebijakan yang berbasis data dan bisa disosialisasikan dan konsisten. Strateginya jelas, dan kita tahu saat ini pelaksanaannya kurang dipetakan,” sambung dia.

 

Dia juga menambahkan bahwa Konsep yang baik tak seiring dengan metode pelaksanaan yang terukur. Menurut Unifah, serangkaian kebijakan saat ini juga belum dikawal dengan baik.

 

“Orang Indonesia pintar membuat konsep tapi tidak diukur dan dipetakan. Guru itu punya semangat besar tinggal ayo dong, dikawal dan dievaluasi kebijakan yang dijalankan,” tuturnya.

 

Dalam momentum Hari Guru Nasional (HGN) 2020 ini pun dirinya juga belum melihat adanya terobosan memarik yang berkaitan dengan kebijakan baru yang benar-benar baik. Menurutnya HGN selalu terasa seperti peringatan seremonial belaka.

 

“Kami jujur aja belum melihat adanya terobosan baik untuk siswa, maupun mahasiswa yang dapat memperkecil apa yang disebut learning loss terlebih karena covid-19 ini,” ungkapnya. (LBM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masalah kualitas Pendidikan Bukan Bertolak dari Kapsitas Guru

Trending Now

Iklan

iklan