Fokus Utama Saat Pembelajaran adalah Guru dan Murid

Kamis, 26 November 2020 | 21:47 WIB Last Updated 2020-11-26T14:47:39Z


Kabarpendidikan.id
Sektor pendidikan menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Pemerintah melakukan penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri terkait pelaksanaan pembelajaran di zona kuning dan hijau, untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Keputusan tersebut diambil tentunya setelah melalui pertimbangan kebutuhan pembelajaran dan berbagai masukan dari para ahli dan organisasi.

 

Mendikbud menyebutkan kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar diselenggarakan secara normal. Dikarenakan terdapat ratusan ribu sekolah yang ditutup dengan tujuan untuk memutus tali rantai penyebaran virus.

 

Beberapa kendala yang timbul dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di antaranya adalah kesulitan guru dalam mengelola PJJ, dikarenakan masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. Tidak hanya itu, PJJ dirasa kurang optimal karena tidak semua orang tua dapat mendampingi anak-anaknya belajar di rumah.

 

Untuk mengantisipasi kendala yang terjadi, pemerintah mengeluarkan penyesuaian zonasi untuk pembelajaran tatap muka. Dalam perubahan SKB empat Menteri ini, zona yang mendapatkan izin untuk melakukan pembelajaran tatap muka adalah zona kuning dan zona hijau.

 

Prosedur pengambilan keputusan pembelajaran tatap muka ini pun tetap dilakukan secara bertingkat seperti pada SKB sebelumnya. Pemda/kantor/kanwil Kemenag dan sekolah memiliki kewenangan penuh untuk menentukan apakah daerah atau sekolahnya dapat mulai melakukan pembelajaran tatap muka.

 

“Evaluasi akan selalu dilakukan untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Provinsi atau Kabupaten/Kota, bersama Kepala Satuan Pendidikan akan terus berkoordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 untuk memantau tingkat risiko covid-19 di daerah,” kata Mendikbud. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fokus Utama Saat Pembelajaran adalah Guru dan Murid

Trending Now

Iklan

iklan