Manfaat Ditemukannya Komputer Dalam Dunia Pendidikan

Senin, 02 November 2020 | 07:56 WIB Last Updated 2020-11-02T04:03:10Z


Kabarpendidikan.id
Tentu kita sudah tidak  asing dengan komputer, kemunculannya dari berbagai macam bentuk perubahan sesuai dengan zaman. Tentunya kita juga pernah merasakan bagaimana bentuk komputer yang dahulu layarnya cembung hingga ada konde di belakangnya dan saat ini sudah menjadi semakin tipis dan ringan.


Namun pernahkan kita terbesit apa manfaat komputer dalam dunia pendidikan?

Tentu dampak ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan adalah dapat mendukung kegiatan belajar siswa. Seperti dalam mengerjakan tugas sekolah menjadi mudah, kemudian di saat seperti ini ujian nasional tidak lagi dilaksanakan dengan tulisan. Komputer juga menjadi media pelaksana ujian (UNBK) dan membantu guru dalam melaksanakan tugasnya.


Perlu diketahui, bahwa penemu komputer adalah Charles Babbage seorang ahli Matematika. Beliau penggagas utama dalam penemuan komputer. Pada tahun 1791-1871 adalah kalkulator otomatis pertama yang ia temukan. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer, yang dilahirkan pada 26 Desember 1792.


Bermula dari mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi sebuah kesalahan. Ia pun ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadi sebuah kesalah dalam berhitung.


Gagasan tersebut dituangkan dalam sebuah catatan yang diberi nama “note of the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Adapun catatan tersebut dibuat pada 14 Juni 1822 berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam fikir Charles Babbage. (HLM) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat Ditemukannya Komputer Dalam Dunia Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan