Dragonlearn Aplikasi Penunjang Belajar Matematika Lebih Mudah

Selasa, 06 Oktober 2020 | 10:42 WIB Last Updated 2020-10-06T03:42:41Z

 


Kabarpendidikan.id. Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan belum diketahui kapan berakhir, tentu mengubah segala bentuk kegiatan masyarakat, terlebih dalam kegiatan belajar mengajar. Matematika sendiri merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi buah bibir mayoritas siswa di Indonesia, pasalnya pelajaran ini sangat sulit dan tidak semua siswa menyukainya. Terlebih ketika harus memindahkan kebiasaan belajar menjadi sistem daring, tak banyak membuat sebagian siswa enggan bahkan merasa kesulitan dengan belajar matematika.

Tentunya situasi sulit ini memaksa manusia untuk melakukan inovasi dalam pengembangan teknologi, agar terciptanya proses belajar mengajar yang yang nyaman dan interaktif. Salah satu bentuk dari digital platform yang tersedia adalah Dragonlearning. Dragonlearning sendiri dikenal sebagai patform digital yang mendukung proses pembelajaran matematika yang diperuntukan kelas 1 sampai dengan 6 tingkat sekolah dasar. Aplikasi ini ternyata sudah rilis pada tahun 2019 silam.

Seperti yang dikutip dalam laman kumparan.com, Experienced Custumomer Service Dragonlearn Indonesia, Ira Rahmawati mengatakan “Karena masih baru, kami sedang fokus untuk materi-materi kelas 1  sampai dengan kelas 6 matematika saja, dan kurikulum menyesuaikan dengan kurikulum 2013” kata Ira dalam sebuah sebuah seminar daring yang diadakan Dragonlearn bekerja sama dengan Kemenag Selasa (28/9).

 Tentunya aplikasi ini memiliki kemudahan bagi para penggunanya, selain design yang unik dan menarik. Materi dalam aplikasi ini disajikan dalam bentuk gambar dan nuansa warna warni, sebab design ilustrasinya memang diperuntukan untuk anak-anak. Tidak sampai disitu, sistem yang diatur dalam aplikasi ini juga ketika anak menjawab pertanyaan salah, maka akan terus berlanjut kepada jawaban berikutnya. Sehingga siswa bisa menemukan jawaban yang benar dengan sendirinya dan menjadikan pembelajarannya menjadi meaningfull.

“Ini memiliki tujuan agar anak dapat terus menangkap informasi  dan mengingat lebih lama konsep matermatika yang diajarkan, dan aplikasi Dragonlearn ini didesain untuk melatih critical thinking, logical thinking, dan juga penalaran siswa” kata Ira

Dragornlearn ini sudah digunakan di sejumlah negara seperti di AS, Brazil, India, Afrika Selatan, Vietnam, China serta Indonesia, dan memiliki kantor pusat di Rusia. Selama pandemi ini Dragonlearn menyediakan akses gratis tanpa batas untuk guru yang ingin menggunakan platform ini. Guru hanya tinggal mendaftar di laman www.dragonlearn.org dengan mengisi berbagai informasi dan setelah itu guru dapat membuat kelas dan memasukan seluruh siswanya kedalam kelas tersebut. (HLM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dragonlearn Aplikasi Penunjang Belajar Matematika Lebih Mudah

Trending Now

Iklan

iklan