KabarPendidikan.id - Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan seminar terkait membangun keyakinan dan peningkatan wawasan untuk generasi muda, melalui edukasi platgorm digital dalam rangka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di MAN 2 Jakarta, Selasa (14/5).
Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan
jiwa wirausaha pada gen Z. tantangan untuk memulai bisnis tidak hanya berkutat
pada masalah modal saja, melainkan wawasan dan informasi yang cukup karena
terdapat beragam pilihan yang dapat dicoba. Mental yang kuat adalah modal besar
bagi gen Z untuk memulai bisnis dan membangun ide kreatif terhadap bisnisnya. Selain
itu, dengan kondisi saat ini gen Z juga dapat memanfaatkan platform digital
sebaik mungkin agar dapat menjadi wirausaha muda meskipun masih menjadi siswa.
Peserta pengabdian ini terdiri dari
siswa dan siswa MAN 2 Jakarta kelas 11 melalui seminar. Kegiatan dilakukan
secara offline dan dalam pelaksanaan
kegiatan seminar ini, Dosen FEB Uhamka
bekerjasama dengan para pelaku usaha yang sudah berpengalaman untuk menjadi
narasumber. Narasumber yang pertama adalah Nailil Muna yang merupakan pembisnis
yang bergelut di bidang Food and Beverages. Ia merupakan owner dari
brand LasagnaL. Nalil menyebutkan bahwa, “terdapat tiga langkah agar
pemanfaatan platform digital menjadi efektif dan efisien, yaitu tentukan
tujuan, pilih segmentasi target dan pilih platformnya,” ujarnya.
Ibnu Akbari, sebagai narasumber kedua merupakan Mahasiswa dari FEB Uhamka yang memiliki latar belakang sebagai seorang content creator pada bidang transportasi publik seperti Kereta Api Indonesia, Ibnu juga merupakan seorang pembisnis muda pada bidang kuliner, dan juga merupakan seorang penggiat sosial sekaligus pendiri dari Studentpedia. Ibnu dapat menjadi salah contoh wirausaha muda, meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa tapi ibnu sudah memiliki beberapa usaha.