Ciptakan Karier Mahasiswa Maju, Wakil Dekan FEB Uhamka Jadi Narasumber Teras TVMu

Minggu, 05 Mei 2024 | 10:30 WIB Last Updated 2024-05-08T03:53:12Z

 


KabarPendidikan.id - Teras Televisi Muhammadiyah (TVMu) menghadirkan narasumber Edi Setiawan selaku Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) dengan mengangkat tema Tips Mahasiswa Dalam Menyiapkan Karier di Dunia Industri dan Bisnis Era Digital yang disiarkan di kanal Youtube TV Muhammadiyah.

 

Dalam kesempatan ini, Edi Setiawan menyampaikan beberapa tips bagi para mahasiswa terutama mahasiswa Uhamka dalam mempersiapkan diri untuk menempuh jenjang karier di masa depan terutama sekarang yang sedang menghadapi masa revolusi industry 4.0 dan peran FEB Uhamka dalam mencetak mahasiswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik.

 

Dalam segmen pertama, Edi Setiawan memperkenalkan FEB Uhamka sebagai salah satu Fakultas terbesar yang dimiliki oleh Uhamka dalam menjalankan visi dan misi sebagai Prophetic Teaching University dengan penguatan nilai-nilai spritiual di samping prestasi dan akademik.

 

“FEB Uhamka merupakan Fakultas terbesar yang dimiliki oleh Uhamka setelah FKIP dan kampus Limau dengan berfokus kepada penerapan nilai-nilai visi dan misi Prophetic Teaching University dalam menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya di penguatan pendidikan akademik dan prestasi, namun juga pendidikan nilai spiritual dan agama melalui mata kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan,” ucap Edi.

 

Selanjutnya di segmen kedua, Edi juga menjelaskan bahwa peran FEB Uhamka dalam membentuk pribadi mahasiswa berkualitas tidak hanya berfokus kepada prestasi di bidang akademik, namun juga di bidang non akademi untuk menciptakan SDM yang berkualitas.

 

“Kita melatih mahasiswa untuk dapat menghasilkan prestasi di bidang akademik terutama di bidang Entrepreneurship atau kewirausahaan modern yang berbasis digital. Kita juga juga mendukung mahasiswa untuk dapat menghasilkan prestasi non akademik seperti di bidang Fotografi, Tapak Suci melalui olimpiade bela diri, dan lainnya,” ujar Edi.

 

Selain itu, Edi juga menambahkan pada segmen ketiga bahwa FEB Uhamka juga menerapkan Kurikulum Merdeka dalam menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif di dunia kerja melalui kerja sama nasional maupun internasional baik dalam magang maupun beasiswa.

 

“Melalui penerapan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum pembelajaran di FEB Uhamka, kita mengasah skill dan kreativitas melalui program magang bersertifikat baik di nasional dan juga internasional, serta program Study Independent melalui pembelajaran di luar kampus dengan mentor ahli di bidang bisini di Perusahaan. Kita juga ada program internasional melalui pertukaran pelajar dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, China dan Filipina sebagai konsen kami dalam berkarir untuk mahasiswa di level internasional,” tutur Edi.

 

Di akhir segmen, Edi mengingatkan bahwa peningkatan Soft dan Hard Skill dalam meningkatkan kualitas SDM yang sekarang mengalami tantangan akibat kemajuan teknologi salah satunya di Artificial Intellegence (AI). Dalam menjawab hal tersebut FEB Uhamka memperluas kerja sama di bidang peningkatan SDM baik magang untuk nasional atau internasional.

 

“Dunia industri sekarang sedang tantangan dari pesatnya kemajuan teknologi terutama dengan AI. Dalam menghadapi hal tersebut, FEB Uhamka konsisten dalam peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan mahasiswa melalui program-program magang baik nasional dan internasional yang tersertifikasi sebagai wadah dan jalan bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan dan skill mereka,” ucap Edi.

 

Di akhir, Edi menyampaikan harapannya agar para mahasiswa FEB Uhamka dalam meningkatkan kompetensi mereka sehingga menjadi SDM yang berkualitas di dunia karier.

 

“Harapan saya semoga bagi mahasiswa yang telah mengikuti program magang agar dapat terasah dan meningkat kompetensinya. Kita gunakan sebagai kesempatan kerja sama dalam meningkatkan kompetensi di bidang industri dan bisnis,” pungkas Edi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ciptakan Karier Mahasiswa Maju, Wakil Dekan FEB Uhamka Jadi Narasumber Teras TVMu

Trending Now

Iklan

iklan