Uhamka Komitmen Perluas Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga di Korea Selatan

Senin, 11 Maret 2024 | 19:12 WIB Last Updated 2024-03-11T12:12:00Z

 


KabarPendidikan.id - Lembaga Pembinaan Publikasi, Perankingan, dan Kerja Sama Urusan Internasional (LP3KUI) Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA (Uhamka) mengunjungi KBRI Seoul di 380 Youidaebangro, Youdeungpoku; Seoul 150895, Republik Korea, Jumat (8/3).

 

Kunjungan ini merupakan tindaklanjut kerja sama yang telah disepakati oleh Uhamka dengan beberapa universitas di Korea Selatan, seperti Jungwon University, Kyungdong University, Mokpo Science University, dan Sehan University.

 

Kedatangan Tim UHAMKA yang terdiri dari Prof. Herri Mulyono selaku Ketua LP3KUI, Somariah Fitriani selaku Kepala Divisi Perankingan LP3KUI, Puri Pramudiani Kepala Divisi Kerja Sama dan Urusan Internasional LP3KUI, dan Rizka Anita Staf Divisi Perankingan LP3LUI disambut baik oleh Perwakilan KBRI Seoul yang dalam hal ini dihadiri oleh Amelia Rimanzaya selaku Sekretaris Departemen Ekonomi Kreatif Startup dan Diplomasi Publik beserta Deba Sumardi selaku Staf Atase Pendidikan RI Seoul.

 

Amelia menyatakan bahwa KBRI sangat mensupport segala bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia serta Lembaga yang ada di Korea Selatan. Lebih lanjutnya Amelia menjelaskan bentuk

 

“Banyak prospek kerja sama yang bisa kita rancang, dan memang  saat ini sangat dibutuhkan oleh Universitas di Korea Selatan. Misalnya, program pertukaran mahasiswa (students’ exchange), karena sekarang ini beberapa Perguruan Tinggi di Korea Selatan sedang difokuskan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa internasional terkait akreditasi lembaga,” pungkas Amelia

 

Di sisi lain, Deba menyampaikan ungkapan terima kasih serta apresiasi kepada Uhamka yang bersinergi dengan KBRI Seoul dalam melaksanakan kerja sama dengan beberapa universitas maupun lembaga di Korea Selatan.

 

“Melalui sinergi ini, KBRI bisa ikut memantau dan juga ikut berkolaborasi dalam mengembangkan budaya Indonesia, salah satunya adalah Program Pembelajaran Bahasa Indonesia (BIPA) yang saat ini sedang dikembangkan oleh APPBIPA Korea Selatan kerja sama dengan KBRI Seoul,” lanjutnya.

 

Prof. Herri Mulyono selaku Ketua LP3KUI Uhamka menyatakan bahwa bentuk kerja sama yang diharapkan tidak hanya dengan perguruan tinggi, namun dengan organisasi seperti Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Korea Selatan atau dengan lembaga lainnya.

 

“Kerjasama ini memungkinkan untuk melakukan kolaborasi di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dapat disinergikan dengan KBRI Seoul,” tuturnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Puri Pramudiani selaku Kepala Divisi Kerja Sama dan Urusan Internasional menyatakan bahwa Uhamka merupakan universitas ternama di Jakarta yang telah memiliki akreditasi unggul dan memiliki beberapa fakultas pada jenjang sarjana (S1) dan pasca sarjana (S2 dan S3), serta memiliki Program Pendidikan Profesi Guru.

 

“Uhamka memiliki dosen dengan berbagai background dan keahlian unggul yang siap untuk menjadi narasumber dalam kegiatan bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di tingkat internasional. Uhamka juga memiliki kesamaan tujuan dengan KBRI Seoul yaitu mengembangkan Budaya dan Bahasa Indonesia, hal ini dapat ditunjukkan bahwa saat ini Uhamka memiliki program studi S1, S2, dan S3 Bahasa Indonesia,” ujar.

 

Lebih lanjutnya, Somariah Fitriani selaku Kepala Divisi Perankingan menyatakan bahwa Uhamka termasuk Perguruan Tinggi Islam terbaik di Jakarta dan di dunia, dan juga termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah terbaik di Indonesia.

 

“Kami memiliki banyak sekali artikel internasional terindeks scopus yang dihasilkan oleh para Dosen Uhamka sehingga dosen-kami siap melakukan riset kolaborasi internasional,” tegasnya.

 

Dengan adanya sinergitas antara Uhamka dan KBRI Seoul diharapkan dapat memperkuat visi Uhamka untuk menjadi prophetic teaching university yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Komitmen Perluas Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga di Korea Selatan

Trending Now

Iklan

iklan