Manajemen Waktu sebagai Satu Pondasi Membangun Karakter dan Mengubah Hidup

Minggu, 07 Januari 2024 | 13:44 WIB Last Updated 2024-01-07T06:44:00Z


 

Oleh : Najwa Rahmalia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

 

Sebagai manusia kita sering terbebani soal tugas atau pekerjaan yang menumpuk, menyebabkan kita menjadi keteteran dan tidak tepat waktu. Salah satu penyebabnya, yaitu kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Mengatur waktu sangat di perlukan untuk menyelesaikan semua tugas dengan tepat waktu. Jadi, kita harus memiliki kemampuan manajemen yang baik agar dapat mengerjakan tugas secara tepat waktu dan disiplin. Tanpa kemampuan tersebut, tidak mungkin kita akan merasa kesulitan. Maka mempelajari ilmu dasar tentang manajemen bukan hal yang akan sia-sia.

Apa yang di maksud dengan manajemen? Manajemen adalah suatu proses seseorang untuk mengatur segala sesuatu yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Selain itu, manajemen bisa untuk pengorganisasian, pengaturan dan pengendalian agar bisa mencapai target dengan tepat. Dengan menerapkan ilmu manajemen, diharapkan sesuatu yang sedang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tanpa ada hal yang menjadi sia-sia. Justru manajemen lah yang mengubah hidup kita.

Tujuan utama dari manajemen sendiri adalah untuk memperoleh hasil maksimal kita dalam melakukan sesuatu. Manajemen juga bukan soal waktu saja, namun mencakup banyak hal. Ada manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen dapodik, manajemen bisnis, manajemen risiko dan sebagainya. Maka dari itu, kita bisa gunakan manajemen dimana saja.

Dengan adanya manajemen, kita bisa membangun karakter yang lebih disiplin dan teratur lagi. Selain itu, kita juga bisa mencapai target yang sudah di rencanakan dari awal sampai akhir. Manajemen juga dapat mengurangi risiko terhadap suatu yang sudah kita bangun. Contohnya, kita membangun sebuah perusahaan di dalamnya ada manajemen yang bisa mengatasi risiko dari kerugian dalam suatu perusahaan.

Pembangunan karakter juga bisa dilakukan dengan pendidikan. Dengan cara, membangun karakter di sekolah adalah kunci utama yang harus dilakukan dalam menggunakan manajemen yang efektif dan efisien. Hal yang terpenting dalam membentuk karakter adalah literasi pengetahuan moral, literasi rasa moral, dan tindakan moral. Ditambah dengan habituasi dan keteladanan. Maka teciptalah sebuah kegiatan di sekolah, yaitu ekstra kurikuler untuk membangun karakter.

Kita juga bisa membangun manajemen sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya, kita ingin menabung tapi belum tau pengeluarannya berapa dalam setiap bulan. Berarti kita harus mengatur manajemen keuangan kita sendiri agar bisa menyesuaikan antara pengeluaran dan pemasukan kita. Dengan ini, kita bisa mengetahui berapa yang kita akan tabungkan dan berapa yang akan terpakai. Kita juga bisa memenuhi kebutuhan kita walaupun harus menyisihkan uang untuk ditabung.

Maka dari itu, manajemen bisa membangun dan mengubah hidup kita menjadi lebih baik lagi. Manajemen merupakan hal yang sangat berguna untuk hidup kita agar bisa membagi waktu kita dengan baik. Selain itu, kita bisa mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita sendiri untuk lebih teratur dan tertata lagi dalam melakukan suatu hal. Dengan adanya manajemen, kita bisa mengerjakan sesuatu dengan baik, tidak ada lagi yang namanya terbenani oleh pekerjaan atau tugas kita sendiri. Semua berjalan dengan baik tanpa ada rasa terburu-buru dan kita bisa menyelesaikan secara tepat waktu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manajemen Waktu sebagai Satu Pondasi Membangun Karakter dan Mengubah Hidup

Trending Now

Iklan

iklan