Pembangunan Berkelanjutan Mendukung Lingkungan dan Kesejahteraan Sosial Bagi Indonesia

Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:11 WIB Last Updated 2024-01-20T03:11:00Z

 


 

Oleh : Meiliani Auliarahma

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitasi Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka


Saat ini kegiatan pembangunan terus dilakukan setiap harinya. Semakin canggihnya perkembangan teknologi, yang akhirnya dapat membantu mempercepat perkembangan pembangunan. Namun, hal tersebut juga membutuhkan perhatian yang lebih baik lagi agar keseimbangan antara kebutuhan dan ketahanan lingkungan dapat dimaksimalkan. Tantangan demi tantangan yang dihadapi Indonesia sangat perlu untuk ditindaklanjuti dengan menerapkan dan membuat keputusan yang tepat agar dapat teratasi dengan baik.

 

Pembangunan berkelanjutan merupakan suatu proses pembangunan yang harus memaksimalkan sumber daya alam yang disediakan. Sehingga dalam pembangunannya selalu mengutamakan pemanfaatan sumber daya alam yang menjadikan generasi mendatang dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan saat ini. Kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan hidup, mampu memperbanyak tindakan pembaharuan SDA, bisa memanfaatkan SDA dengan sebaik mungkin agar tidak adanya pemborosan dan kerusakan yang mempengaruhi lingkungan, dan mengelola SDA dengan baik sehingga dapat digunakan di masa yang akan datang. Pernyataan ini menjadi konsep yang diusung oleh pembangunan berkelanjutan untuk mempertahankan dan menjaga kualitas hidup manusia di masa kini maupun di masa depan.

 

Dari segi ekonomi, prinsip pembangunan berkelanjutan mampu memberikan peningkatan keterampilan pekerja yang lebih meningkat daya saingnya. Sehingga diharapkan masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan juga mendapatkan pendapatan yang lebih baik. Bahkan mampu menunjang pembuatan infrastruktur dasar seperti properti, sistem air dan sejenisnya. Penting juga untuk memperhatikan prinsip-prinsip mendasar, yang meliputi partisipasi masyrakat, keadilan sosial, keterpaduan antar sektor dan dimensi pembangunan, serta pengelolaan sumber daya berkelanjutan.

 

Berbagai prinsip yang diusungkan pembangunan berkelanjutan, harus dapat terealisasikan dengan baik. Karena keberhasilan dalam proses pembangunan sangat bergantung pada pengaruh dari setiap prinsip-prinsip tersebut. Sehingga perlunya pemerhatian berkelanjutan agar kemungkinan besar seperti, dampak negatif pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat yang tidak diharapkan tidak terjadi.

 

Tantangan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan tak bisa dihindari. Salah satunya  di negara Indonesia yang  masih dihadapkan pada beberapa tantangan. Tantangan tersebut meliputi ketergantungan pada sektor ekspor, tingginya tingkat kemiskinan, ketidakmerataan pembangunan antar wilayah, dan kerusakan lingkungan yang semakin parah. Dengan adanya tantangan yang harus dihadapi, maka diperlukannya penentuan kebijakaan dan upaya dari pemerintah Indonesia  agar tidak menjadi halangan untuk upaya mencapai pembangunan berkelanjutan. Dan pemerintah juga harus memastikan bahwa kebijakan dan program yang telah direncanakan dapat diimplementasikan dengan efektif dan efisien, serta mengukur dampaknya secara teratur.

 

Pembangunan berkelanjutan merupakan konsep penting yang harus terus diperhatikan dalam setiap upaya pembangunan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Upaya mencapai pembangunan berkelanjutan membutuhkan kerjasama dan partisipasi dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, sektor swasta, maupun organisasi internasional. Agar Indonesia dapat mencapai pembangunan berkelanjutan yang berwawasan masa depan, melindungi lingkungan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta memperkuat daya saing ekonomi Indonesia di tingkat global.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembangunan Berkelanjutan Mendukung Lingkungan dan Kesejahteraan Sosial Bagi Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan