Utamakan Kesehatan Mental para Mahasiswa, UGM Buat SOP Larangan Dosen Killer

Rabu, 01 November 2023 | 14:44 WIB Last Updated 2023-11-01T07:44:18Z


KabarPendidikan.id
Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Wening Udasmoro mengatakan pihak kampus akan segera membuat aturan mengenai larangan dosen keras atau dosen killer dan ini suatu bentuk dari menyikapi isu mengenai kesehatan mental serta menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi mahasiswa. Saat ini isu kesehatan mental, terutama kesehatan mental di kalangan mahasiswa menjadi isu yang menarik simpati banyak pihak. Maka, UGM membuat langkah mitigasi untuk mengantisipasi kerentanan mental ini dan terkait larangan dosen killer ini telah disosialisasikan oleh pihak UGM.

 

“Sudah dilakukan sosialisasi pelan-pelan secara verbal dan para wakil dekan justru menginisiasikan hal ini,” ujarnya.

 

Sebelumnya dalam sebuah diskusi, Wening menyebut bahwa dirinya melihat solusi dari persoalan kerentanan kesehatan mental di kalangan mahasiswa dapat dilakukan dari berbagai sisi dan isu ini diibaratkan sebagai fenomena gunung es yang perlu dimitigasi secara nasional.

 

“Saya kira harus secara komprehensif, harus ada benar-benar mitigasi yang komprehensif dari negara selain secara individu ada penguatan dari keluarga, institusi-institusi pendidikan terkait dengan kami di UGM,” ungkapnya.

 

Ia menyebut bahwa persoalan kesehatan mental lebih banyak berasal dari lingkup keluarga daripada lingkup kampus. Namun, persoalan-persoalan itu tetap menjadi sebuah perhatian bagi pihak kampus di UGM.

 

“Kami memang benar-benar mempromosikan suasana yang nyaman, kami sangat khawatir dengan hal ini. Dosen yang galak pada zaman dahulu ini, sekarang nggak boleh di UGM,” ucapnya.

 

(Vallery Raysha/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Utamakan Kesehatan Mental para Mahasiswa, UGM Buat SOP Larangan Dosen Killer

Trending Now

Iklan

iklan