Memasuki Masa Pensiun, Dunia Pendidikan Harus Siap Dengan Adanya Alih Generasi

Senin, 16 Oktober 2023 | 16:35 WIB Last Updated 2023-10-17T03:36:47Z

KabarPendidikan.id - Guru merupakan sebuah profesi yang memiliki peranan sangat penting dari generasi ke generasi untuk mendidik siswa. Berkat pembelajaran seorang guru, siswa dapat membentuk kepribadian yang memiliki wawasan yang luas.


Sayangnya, masih banyak orang-orang yang menganggap bahwa profesi guru tidak memiliki kesejahteraan hidup. Hal tersebut berakibatkan menjadi banyaknya generasi muda yang ragu untuk menjadikan profesi guru sebagai pilihan kariernya.


Kemudian, pada tahun 2024 sebanyak 60 ribu guru telah memasuki masa pensiun sehingga memerlukan adanya regenarasi lanjut untuk dunia Pendidikan ini.


Lin, Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memantau bahwa pergerakkan seorang guru dalam tahun 2023 hingga 2030 kelak mengalami sebuah peningkatan.


“Namun, menjabat sebagai profesi seorang guru tidak hanya dilihat dari kualifikasi akademik dan ijazah saja. Sertifikasi PPG pun menjadi syarat utama untuk memasuki dunia Pendidikan,” ujar Lin, dilansir pada laman UMM.


Beliau pun menambahkan, bahwa kenyataan di dunia pendidik masih banyaknya guru-guru yang belum tersertifikasi PPG.


Hal tersebut membuat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) memberikan solusi untuk memudahkan bagi kita semua yang nantinya akan menjadi calon guru. Kemendikbud membuka formasi PPG Pra-ASN yang merupakan sebuah program yang diperuntukkan oleh fresh graduate dan akan dibiayai oleh pemerintah selama satu tahun lamanya.


“Setelah mereka lulus dalam program tersebut, mereka pun dapat menggantikan guru-guru yang telah memasuki tahap pensiun. Tak hanya janji, program ini pun dapat memberikan peluang bagi lulusan untuk mengikuti Program Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3K) untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN),” ucap Lin.


(Nabila S/Dyl)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Memasuki Masa Pensiun, Dunia Pendidikan Harus Siap Dengan Adanya Alih Generasi

Trending Now

Iklan

iklan