Kemendikbud Membuka Peluang Transparansi melalui Rapor Sekolah Indonesia

Kamis, 19 Oktober 2023 | 14:01 WIB Last Updated 2023-10-19T07:01:06Z

KabarPendidikan.id Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemendikburistek) terus membawa perubahan penting dalam sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan kebebasan Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan berbagai projek perubahan misalnya Assessment Practice (AN) dan Laporan Pendidikan Indonesia.


Indonesia Education Report merupakan platform yang menggabungkan berbagai data pendidikan, khususnya data AN, untuk menjadi alat ukur komprehensif yang menyajikan keadaan pendidikan di Indonesia.


"Rapor pendidikan ini kalau istilah saya ini ibarat sebuah tempat yang menyimpan harta karun, karena di dalam Rapor Pendidikan ini ada berbagai data penting terkait pelaksanaan layanan pendidikan mulai dari satuan pendidikan di sekolah-sekolah sampai daerah kabupaten kota, provinsi, sampai Rapor Pendidikan Indonesia secara nasional yang mencerminkan kondisi real, indikator-indikator mana yang sudah tercapai dan yang harus ditingkatkan,” ujar Kepala. Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Muhammad Muksin melalui Siniar Sapa Pendidikan BSKAP Kemendikbudristek


Dengan kata lain, forum ini tidak hanya sekedar asesmen, namun juga menjadi pintu gerbang yang membuka kesadaran terhadap permasalahan dunia pendidikan.


Laporan pendidikan di Indonesia ini memberikan landasan yang kuat bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Bukan hanya sebagai alat penilaian, namun juga sebagai katalis refleksi dan perbaikan.


Laporan ini menekankan pentingnya sumber data, antara lain data asesmen nasional, data pendidikan kementerian agama, serta data fakultas dan akreditasi. Semuanya memberikan gambaran komprehensif mengenai tantangan dan peluang sistem pendidikan.


Namun, keberhasilan platform ini bergantung pada transparansi dan kejujuran masing-masing satuan pendidikan dalam pemberitaannya. Muksin menegaskan, jika ada permasalahan di sekolah harus diperhatikan dan ditangani bersama.


"Mau gak mau, suka gak suka sampaikan apa adanya sehingga bisa diidentifikasi permasalahannya dibenahi bersama-sama," tuturnya.


Rapor Pendidikan akan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang progres dan tantangan yang dihadapi. Selain itu, salah satu tujuan utama Rapor Pendidikan Indonesia adalah untuk memperkuat Masyarakat yang lebih penting lagi, platform ini menyoroti bidang-bidang utama yang perlu ditingkatkan, seperti literasi dan numerasi.


Muksin juga membagikan beberapa strategi sukses meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak di Kabupaten Kediri. Salah satunya dengan menjadikan perpustakaan sebagai destinasi wisata edukasi yang efektif meningkatkan minat baca anak.


Dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan mulai dari orang tua, masyarakat hingga pemerintah daerah, peningkatan kualitas sistem pendidikan secara berkelanjutan dapat dilaksanakan.


"Jika Rapor Pendidikan bisa diakses oleh semua pemangku kepentingan pendidikan maka potensi untuk bersinergi berkolaborasi ini sudah tidak ada sekat. Semua potensi memiliki peran masing-masing untuk saling membantu memajukan pendidikan di Indonesia yang berkelanjutan," ujar lanjut Muksin.


Keterbukaan dan kerjasama menjadi kunci keberhasilan, dan dengan platform ini peluang memajukan pendidikan di Indonesia semakin cerah.


(Firda P/Dyl)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbud Membuka Peluang Transparansi melalui Rapor Sekolah Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan