Highscope Model United Nations Mengajak Siswa Menjadi Perwakilan PBB dalam Kegiatan Simulasi Sidang PBB

Kamis, 26 Oktober 2023 | 07:19 WIB Last Updated 2023-10-27T17:20:58Z

KabarPendidikan.id - Sejumlah 46 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Lampung akan mengirimkan siswa-siswanya untuk melakukan kegiatan simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan jumlah 240 peserta.

Kegiatan ini berasal dari Highscope Model United Nations (HSMUN) dengan tujuan mengembangkan kemampuan, pola pikir siswa terhadap fungsi PBB pada isu-isu dunia.


Menurut Aldrich Ignatius, selaku Sekretaris Jendral HSMUN 2023, guna aktivitas ini sebagai pengembangan kognisi siswa terkait diplomasi, permasalahan dunia, serta mencari solusi atas permasalahan dunia tersebut.


“Kesempatan ini harus digunakan dengan maksimal, karenanya saya gencar memberitahukan ini kepada peserta untuk berpartisipasi kegiatan debat dengan banyaknya pengalaman dan wawasan baru di tempat yang tepat untuk mengeksplorasi tentang diplomasi dan negosiasi,” tuturnya (24/10).


Kegiatan technical meeting yang dihadiri oleh Sunu Mahardi Soemarno sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kenya dan peserta lainnya, telah berlangsung sejak Rabu (18/10).


Agenda selanjutnya akan dilaksanakan dengan upacara pembukaan dengan mengundang sejumlah undangan penting seperti, CEO Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI), Diah Satyani Saminarsih, dan juga Penasihat Gender dan Pemuda untuk Direktur Jendral Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tanggal 24-25 Oktober.


Tamu undangan lainnya yang hadir, yaitu Dian Triansyah Djani, selaku mantan Utusan Tetap RepublikIndonesia untuk PBB di New York. Sebagai pemateri, ia menjelaskan bahwa diplomasi dapat dipelajari dari berbagai aspek, dan sebagai diplomat, harus bisa banyak hal.


“Dengan menjadi diplomasi bilateral, hal yang perlu dibangun adalah hubungan antar sesama. Menjadikan diri ini menjadi masyarakat lain, dari berbagai suku, agama, bahkan bangsa lain,” ungkapnya.

(Sheva ZS/Dyl)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Highscope Model United Nations Mengajak Siswa Menjadi Perwakilan PBB dalam Kegiatan Simulasi Sidang PBB

Trending Now

Iklan

iklan