Cegah Pelecehan di Lingkungan Perguruan Tinggi, ITERA Adakan Seminar

Jumat, 06 Oktober 2023 | 15:46 WIB Last Updated 2023-10-06T08:46:34Z

KabarPendidikan.id - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan Seminar Pelecehan Seksual dengan tema Menciptakan Kenyamanan di Lingkungan Kampus ITERA yang diselenggarakan di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU), Kamis (5/10).



Agenda ini menghadirkan beberapa tokoh menarik, Atnike Nova Sigiro Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Apriliati Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung, IKADIN Lampung dan Satgas Pelecehan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan ITERA.



Atnike Nova Sigiro Ketua Komnas HAM menyebutkan survey Kementerian PPPA tahun 2022 menemukan 11 ribu lebih kasus kekerasan seksual. Temuan tersebut belum terhitung dengan temuan yang tidak tercatat.



“Kami menemukan 11 ribu kasus pelecehan seksual, 9500 kasus terjadi pada anak atau di usia sekolah. Kami menemukan peningkatan pada tahun ini. Tentu temuan ini menjadi fenomena yang memprihatinkan bahwa lebih banyak kasus kekerasan seksual yang terjadi tanpa kita ketahui di masyarakat,” pungkasnya.



Di lain hal, Komnas Perempuan mencatat kasus kekerasan seksual yang terjadi pada perempuan mencapai 65 persen adalah kekerasan seksual.



“Perempuan memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dalam kasus kekerasan seksual. Khususnya di dunia pendidikan. Metodenya juga banyak bahkan sudah diketahui secara umum,” ujar Atnike.


DY L


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Pelecehan di Lingkungan Perguruan Tinggi, ITERA Adakan Seminar

Trending Now

Iklan

iklan