Tingkatkan Kualitas Calon Pengajar, FKIP Uhamka Adakan Sosialisasi PLP 2 untuk Para Dosen Pendamping

Rabu, 13 September 2023 | 14:00 WIB Last Updated 2023-09-15T03:55:29Z


KabarPendidikan.id
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (FKIP Uhamka) mengadakan Sosialisasi Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2) bagi para dosen pendamping yang akan mengawal dan membimbing mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan PLP 2 tahun ajaran 2023/2024. (13/09/2023)

 

Kegiatan Sosialisasi PLP 2 ini merupakan yang kedua yang difokuskan kepada Dosen-dosen yang mendampingi siswa nanti, setelah kegiatan Sosialisasi kemarin untuk Kepala Sekolah dari masing-masing mitra PLP 2 FKIP Uhamka. Kegiatan Sosialisasi kali ini dilaksanakan secara daring via Zoom Meeting.

 

Agenda Kegiatan hari ini dihadiri oleh Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Sri Astuti selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Novianti W Arini selaku Kepala UPT PLP FKIP Uhamka, dan jajaran pimpinan kaprodi, sekprodi dan dosen-dosen dari program studi yang ada di FKIP Uhamka.

 

Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka meningatkan kepada para pimpinan dan jajaran dosen FKIP Uhamka bahwa kegiatan PLP 2 ini sangat penting dalam memperkenalkan Uhamka kepada Masyarakat melalui pengabdian lewat pengajaran di kelas nanti. PLP 2 juga sebagai citra Uhamka sebagai salah satu universitas keguruan yang berkualitas di Indonesia yang harus dijaga melalui kegiatan ini.

 

“Saya mengingatkan kepada para keluarga besar FKIP Uhamka bahwa kegiatan PLP 2 ini sangat penting dan luar biasa dampaknya dalam memperkenalkan Uhamka kepada Masyarakat. Pengalaman mahasiswa  yang mendaftar dulu pada tahun 2019, dia menyebutkan bahwa dia mendaftar ke Uhamka lewat mahasiswa yang mengajar dengan baik sewaktu kegiatan PLP 2 di sekolahnya sehingga dia tertarik untuk mendaftarkan dirinya ke Uhamka. Dalam kegiatan ini, kita juga harus bisa menjaga citra Uhamka lewat kegiatan PLP 2 ini sebagai salah satu Universitas yang bergerak di tenaga Pendidikan terbaik yang ada di Indonesia, untuk itu mahasiswa yang mengajar juga harus memiliki citra baik seperti berpenampilan bagus dan berwawasan luas sebelum mengajar nanti.” Tuturnya.

 

Sri Astuti selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka menyampaikan tentang pentingnya disiplin selama kegiatan PLP 2 sebagai sarana dalam menopang kualitas Pengajaran FKIP Uhamka yang akan dilaksanakan melalui kegiatan PLP ini lewat para mahasiswa sebagai tenaga pengajar nanti di Sekolah.

 

“Saya ingatkan Kembali bahwa penting untuk mengutamakan dan menjunjung sikap disiplin selama kegiatan. Hal ini merupakan tolak ukur bagi para calon pengajar yang berasal dari para mahasiswa agar kedepannya menjadi guru yang kompeten dan berkualitas.” Ucapnya.

 

Novianti W Arini sebagai Kepala UPT FKIP Uhamka menyampaikan telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak pimpinan fakultas sejak bulan Juli untuk mempersiapkan kegiatan ini dengan matang. Untuk kegiatan PLP 2 tahun ini, PBSI sebagai perintis kegiatan dengan masa kegiatan selama kurang lebih 6 bulan dilanjut dengan prodi-prodi lain yang masih 2 bulan pengabdian.

 

“Kami sudah mempersiapkan segala kebutuhan mengenai PLP 2 ini sejak bulan Juli kemarin, dan sudah dibicarakan dengan para pimpinan. Untuk penempatan para dosen yang bertugas untuk mendampingi mahasiswa selama kegiatan PLP 2 sudah dipersiapkan daftarnya yang sudah rampung sejak 8 September kemarin. Untuk tahun ini, PBSI merupakan prodi sebagai perintis kegiatan PLP 2 tahun ajaran kali ini dengan masa waktu pengabdian kurang lebih 1 semester atau 6 bulan, untuk prodi lain masih tetap 2 bulan pengabdian. Dosen pendamping akan bekerja sama dengan gruru lapangan dan kepala sekolah untuk membantu mahasiswa yang akan mengajar dan bertugas di kelas dalam kegiatan PLP 2 yang akan dimulai pada tanggal 2 Oktober nanti.” Ucapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kualitas Calon Pengajar, FKIP Uhamka Adakan Sosialisasi PLP 2 untuk Para Dosen Pendamping

Trending Now

Iklan

iklan