Kemenko PMK Kunjungi SMPN 9 Mimika dalam Membangun Rasa Toleransi Antar Siswa dan Kemajuan Pendidikan

Senin, 04 September 2023 | 15:51 WIB Last Updated 2023-09-04T08:51:14Z


KabarPendidikan.id
- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan kunjungan ke SMP Negeri 9 Mimika di Kabupaten Mimika, Papua Tengah dalam kegiatan pemantauan kegiatan belajar mengajar disana, juga mengecek sarana penunjang pendidikan di SMPN 9 Mimika dalam membangun motivasi belajar siswa.


Dalam Kunjungannya, Kegiatan ini diikuti oleh Jajaran Pimpinan Eselon 1 Kemenko PMK yang meliputi Deputi Bidang Koordinasi  Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Warsito, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Nunung Nuryartono, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Sorni Paskah Daeli, dan Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Agus Suprapto.

 

Para Pejabat Jajaran Pimpinan Kemenko PMK disambut dengan hangat oleh Martha Welma Benamen selaku Kepala Sekolah SMPN 9 Mimika dan juga para guru dan murid. Ini bukan pertama kalinya kunjungan Kemenko PMK ke SMPN 9 Mimika, melainkan merupakan kunjungan kedua mereka dan disambut Tarian Selamat Datang dan dikalungi dengan noken dan topi khas Mimika.

 

Kunjungan kali ini berfokus terhadap Sistem Operasional penunjang Pendidikan SMPN 9 Mimika yang sering mengalami pasang surut sejak didirikan pada 2008. Hal tersebut dipengaruhi oleh konflik sosial dan keadaan darurat yang sering terjadi disana sehingga menyebabkan terhambatnya proses Pendidikan yang maju disana, namun sekarang sudah normal dan masalah tersebut dapat diatasi. Untuk saat ini, SMPN 9 Mimika telah memiliki 4 orang ASN yang merupakan guru dan Kepala Sekolah, 2 orang guru Honorer dari kabupaten dan 4 orang dari sekolah, 1 orang tenaga keamanan dan murid yang mencakup 17 siswa di kelas 7, 33 siswa di kelas 8 dan 56 siswa di kelas 9. Untuk Infrastruktur Sekolah, SMPN 9 telah memiliki 3 ruangan belajar, 1 ruang guru, 1 perpustakaan, dan 2 ruangan lain.

 

Warsito selaku Deputi Bidang Koordinasi Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK mengapresiasi dan juga berterima kasih atas kerja sama kepada keluarga besar SMPN 9 yang mencakup kepala sekolah, guru-guru dan juga para siswa atas dedikasi mereka dalam memajukan Pendidikan di Mimika terutama dari pihak Kepala Sekolah dan para guru lewat dedikasi mereka yang tulus dalam menopang proses belajar mengajar yang aktif dan nyaman bagi para siswa.

 

“Saya sangat bangga kepada Ibu Kepala Sekolah dan Para Guru yang memiliki semangat dan dedikasi yang tulus dalam mengajar dan mendidik para siswa di Kampung Damai ini, meskipun fasilitas disini masih kurang memadai dan belum sepenuhnya bagus.” Ucapnya.

 

Di akhir kegiatan, Wasito berpesan kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika untu dapat melengkapi fasilitas sebagai penunjang Pendidikan dan pelayanan sekolah dalam meningkatkan semangat belajar dan motivasi siswa dalam mengejar cita-cita mereka. Dia juga berpesan kepada Kepala Sekolah dan para guru agar menanamkan sikap rukun antara para siswa yang berlatar belakang suku berbeda dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Luhur Pancasila dan semangat cinta tanah air.

 

“Pesan saya kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Mimika agar dapat memfasilitasi siswa dan para guru dengan fasilitas Pendidikan yang layak dan maju agar dapat membangun motivasi belajar siswa. Ibu kepala sekolah dan para guru juga harus menanamkan sikap rukun dan toleransi kepada para siswa sehingga dapat terciptanya hubungan harmonis antara para siswa yang berbeda latar belakang suku. Sikap yang berpegang teguh pada nilai-nilai luhur Pancasila dan rasa cinta tanah air.” ucapnya.


adp/gjf

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemenko PMK Kunjungi SMPN 9 Mimika dalam Membangun Rasa Toleransi Antar Siswa dan Kemajuan Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan