Uhamka Bawa Tiga Inovasi Berkemajuan dalam Harteknas Ke-28

Minggu, 13 Agustus 2023 | 14:19 WIB Last Updated 2023-08-14T07:59:10Z


KabarPendidikan.id
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi Co Organized pada acara Pameran Riset dan Inovasi HAKTEKNAS ke-28 2023 yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno pada 11-13 Agustus 2023.


Kegiatan pameran ini turut dihadiri 20 Perguruan Tinggi Negeri dan 4 Perguruan Tinggi Muhammadiyah diantaranya Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA).


Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek atas amanah yang diberikan ke Uhamka untuk menjadi mitra pelaksana kegiatan ini. Kegiatan ini dapat menjadi media Uhamka dalam memamerkan hasil karya kreatif yang telah dibuat oleh dosen dan mahasiswa.


“Terima kasih kepada Kemendikbud Ristek yang telah mempercayakan dan menunjuk Uhamka sebagai Co Organized atau mitra pelaksana kegiatan pameran ini. Melalui kepercayaan penuh yang diberikan kepada Uhamka, di pameran ini kami dapat memperlihatkan hasil inovasi-inovasi kreatif yang telah dibuat oleh dosen dan mahasiswa Uhamka. Sehingga siswa dan masyarakat umum dapat mengetahui bahwa Uhamka selalu melakukan penelitian terhadap kemajuan teknologi,”  ujar Prof Gunawan.


Dalam event ini, Uhamka membawa tiga inovasi unggulan yang dibuat oleh tangan-tangan handal, diantaranya adalah Bola Makharijul Huruf Generasi kedua yang dibawa oleh Muhammad Arifin Rahmanto Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka. Arifin dalam keterangannya, menyampaikan Bola Makharijul Huruf Generasi Kedua ini memiliki perbedaan dengan generasi pertama. Pada edisi kedua ini, Bola Makharijul huruf dilengkapi dengan Artificial Intelligent (AI), alat ini memiliki sensor Alat ini memiliki sensor suara sehingga ketika peserta menempelkan potongan puzzle, bola akan secara otomatis mengeluarkan suara sesuai potongan yang dipasangkan.


“Untuk alat inovasi yg dibawa adalah makhorijul huruf generasi kedua. Alhamdulillah generasi kedua diberikan berbasis AI di Harteknas Senayan. Perbedaan antara generasi pertama dan kedua, dimana bola generasi kedua ini berbasis sensor suara. Jadi ketika peserta menempelkan potongan puzzle ke dalam bola maka secara otomatis akan mengeluarkan suara sesuai potongannya, itu generasi kedua kami,” paparnya.


Selanjutnya, Bola Makharijul Huruf Generasi Kedua memiliki manfaat dalam memberikan kemudahan bagi guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dalam kelas. Maka alat ini akan cocok dengan kurikulum Merdeka Belajar yang mengarahkan sistem pembelajaran kepada student center.


“Bola Makharijul Huruf ini memberikan kemudahan bagi guru dalam menciptakan suasana kelas yang aktif dan asyik bagi siswa. Sejalan dengan fokus Kurikulum Merdeka Belajar, alat ini akan mengajak kelas condong kepada student center,” pungkas Arifin.


Selain itu, Dalam kesempatan ini FTII Uhamka juga menampilkan karya-karya inovasinya, diantaranya mesin cnc 3 axis yang dikembangkan oleh Hendi Saryanto Dosen FTII Uhamka. Alat ini dikembangkan menggunakan teknologi artificial intelligence dimana inovasi tersebut mampu membaca kontur gambar hasil dari jepretan kamera menjadi bahasa program untuk dituangkan menjadi bentuk ukiran berupa kaligrafi. Selain itu, FTII Uhamka juga membawa Pirolisis, alat ini merupakan inovasi untuk mengolah sampah plastik termasuk sampah plastik kantong kresek menjadi bahan bakar cair dengan oktan number 87 dengan menyerupai premium. Alat ini dikembangkan dengan usung konsep "pirolisis cepat" menggunakan mekanisme pemanas induction heating yang dikombinasikan dengan pemanas berbahan bakar oli bekas, efisiensi dari alat ini sudah mencapai 100% dimana 1 kg sampah plastik menghasilkan 1 liter bbm, dikembangkan oleh Iip Syarip Hidayat, lulusan FTII Uhamka yang dibimbing oleh Yos Noferendi, Delvis Agusman, dan Hendi Saryanto selaku Dosen FTII Uhamka.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Bawa Tiga Inovasi Berkemajuan dalam Harteknas Ke-28

Trending Now

Iklan

iklan