Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Minggu, 27 Agustus 2023 | 10:13 WIB Last Updated 2023-08-27T03:13:00Z




Oleh : Lisdawati Hanim Susanto

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universtas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Kesehatan mental adalah kesehatan yang berkaitan dengan kondisi emosi, kejiwaan, dan psikis seseorang. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan RI, angka gangguan kesehatan jiwa yang dialami masyarakat Indonesia mencapai 20%. Yang artinya, terdapat 1 dari 5 penduduk Indonesia yang mengalami gangguan kejiwaan. Permasalahan ini sering dianggap masalah yang tidak serius oleh kebanyakan orang. Nyatanya, menjaga kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh.

 

Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Masa remaja merupakan fase yang paling beresiko untuk mengalami kesehatan mental. Karena pada saat memasuki masa remaja, mereka mulai mengalami berbagai macam perubahan dan tantangan baru yang mereka akan hadapi. Maka dari itu, mereka memerlukan kesehatan mental yang baik agar dapat terus berkembang secara optimal. Jika masalah tersebut tidak ditangani, maka akan berdampak pada tingkat hormon yang tidak seimbang sehingga berdampak pada prestasi akademik dan juga resiko masalah fisik dan mental di usia selanjutnya.

 

Mungkin banyak dari kalian masih yang menganggap sepele terhadap masalah ini, bahkan tidak menyadari dampak apa saja yang terjadi saat gangguan kesehatan mental. Dampak dari kesehatan mental adalah memiliki pemikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain, selalu merasakan cemas dan khawatir yang berlebihan, selalu merasakan suasana hati yang buruk dan perasaan sedih yang berkelanjutan, serta merasa putus asa dan tidak berharga. Dari dampak yang sudah disebutkan tadi, sudah terlihat jelas bahwa dampak tersebut sangat merugikan diri sendiri.

 

Lalu, bagaimana cara kita menjaga kesehatan mental dengan baik? Dimulai dengan diri sendiri yaitu selalu berusaha berfikir pofitif dalam situasi dan kondisi, menjaga pola hidup yang sehat dan seimbang, dan pastinya selalu mensyukuri segala sesuatu yang dimiliki dan diberikan oleh sang pencipta. Jika kalian menemui teman atau orang lain yang mengalami ganguan pada kesehatan mental, maka cobalah membantunya. Dengan cara mengajak mereka melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan, tidak berusaha menjatuhkan atau menjelekkan kekurangan seseorang serta menunjukan sikap rasa peduli dan kasih sayang terhadap mereka.

 

Dengan menjaga kesehatan mental, maka kita dapat mencapai keberhasilan diri. Setelah lelah menghadapi kerasnya dunia dengan tekanan yang terlalu tinggi, tentunya membuat kita perlu memberikan penghargaan kepada diri sendiri sebagai bentuk apresiasi. Kemudian opini-opini mengenai diri sendiri dari yang positif maupun negatif mejadi pilihan yang menjadikan motivasi untuk terus mengembangkan potensi diri.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Trending Now

Iklan

iklan