Menuju Pendidikan Yang Lebih Baik, Menko PMK sebut poin masalah utama yang harus diperbaiki dalam Seminar Pendidikan

Senin, 21 Agustus 2023 | 11:58 WIB Last Updated 2023-08-21T04:58:56Z

KabarPendidikan.id - Muhadjir Effendi selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) melakukan sosialisasi pentingnya Pendidikan di wilayah Manado, Sulawesi Utara kepada para generasi milenial mengenai pentingnya kualitas pendidikan yang mencakup tenaga guru, pengetahuan siswa dan penunjang terlaksananya sistem pembelajaran yang baik. (21/08/2023)

 

Dengan tema seminar ”Kedaulatan Pendidikan Nasional”, Muhadjir menekankan kepada para generasi muda pentingnya meningkatkan dan menopang kualitas Pendidikan agar terciptanya Pendidikan yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, penunjang kualitas Pendidikan dimulai dari system tatanan Pendidikan dan kondisi sekolah yang memadai untuk siswa dalam menuntut ilmu pengetahuan, yang mencakup tenaga kependidikan, fasilitas, pembiayaan, kebersihan dan kelas yang mendukung serta yang paling utama yaitu semangat dan kesediaan siswa dalam menuntut ilmu dan mengikuti pembelajaran dengan penuh antusias.

 

Seminar ini dihadiri oleh Muhadjir effendi selaku Menko PMK, Olly Dondolambey selaku Gubernur Sulawesi Utara, Fabian Kaloh selaku narasumber dari DPRD Sulawesi Utara, Djafar Alkatri selaku anggota DPD RI, Taufik Tumbelaka selaku Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Manado (KAGAMA) dan Abid Takalamingan selaku ketua BAZNAS Sulawesi Utara, juga para siswa dan mahasiswa, juga dari tokoh ormas, tokoh adat di Sulawesi Utara.

 

Muhadjir menyampaikan bahwa hal tersebut yang mencakup fasilitas, kenyamanan dan tenaga Pendidikan yang cakap merupakan poin utama yang harus diperbaiki dalam mencapai Pendidikan yang mampu dalam membangun generasi bangsa yang cerdas dan kompeten. Terlebih lagi dengan semakin majunya teknologi, membuat sistem Pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman yang sekarang sudah mulai terlaksananya Pendidikan berbasis teknologi secara online yang menciptakan Pendidikan berbasis pembelajaran mandiri.

 

“Masalah Pendidikan yang saat ini kita hadapi yaitu mencakup segi kualitas Pendidikan tenaga kependidikan yang berkualitas dan kompeten, lalu dari segi kuantitas yang dapat menghasilkan siswa yang cerdas dan berpengetahuan luas yang terukur, dan akses kesesuaian yang mencakup fasilitas penunjang untuk suksesnya kegiatan pembelajaran di Sekolah yang terlaksana dengan baik. Apalagi sekarang zaman sudah modern dan semuanya berbasis teknologi, sehingga memungkinkan terciptanya pembelajaran mandiri lewat system online.”

 

Olly Dondolambey selaku gubernur Sulawesi Utara juga menekankan pentingnya Pendidikan bagi para generasi muda putra dan putri bangsa bahwa kemerdekaan Indonesia juga merupakan hasil kerja keras para pemuda dulu dalam merebut kemerdekaan, sehingga para pemuda dan pemudi sekarang harus dapat meneruskan perjuangan mereka dengan menjadi generasi yang terdidik, cerdas, dan berkualitas baik di kemampuan dan akhlaknya.



“Generasi sekarang harus bisa memaknai bahwa perjuangan kemerdekaan RI adalah melalui para pemuda dan pemudi yang berjuang sehingga diperolehlah kemerdekaan yang hakiki sepenuhnya. Oleh karena itu, para generasi muda harus meneruskan perjuangan tersebut lewat memperoleh Pendidikan yang berkualitas setinggi-tingginya sehingga menjadi generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas dalam memajukan Indonesia.” Ucapnya.

GJF_DYL


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menuju Pendidikan Yang Lebih Baik, Menko PMK sebut poin masalah utama yang harus diperbaiki dalam Seminar Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan