Melalui Program Lokovasian, Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Lestarikan Musik Tradisi Indonesia

Selasa, 22 Agustus 2023 | 15:40 WIB Last Updated 2023-08-22T08:40:55Z

KabarPendidikan.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong masyarakat untuk menjaga musik tradisi Indonesia melalui Lokovasian yang diupayakan oleh Setyawan Jayantoro musisi Indonesia.


Meta Ambar Pana Koordinator Pokja Festival Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemendikburistek mengungkapkan program ini dimulai dengan literasi, diseminasi, dan eksibisi pada acara Lokovasia.


“Program ini akan berjalan selama dua bulan. Sangat utuh dan setiap peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan bimbingan secara langsung dari para pengajar yang berkompeten,” ujar Meta.


Menurutnya program ini membuka peluang bagi masyarakat yang memiliki portofolio yang baik. Tidak ada batas bai peserta untuk mengikuti kegiatan ini. 


Di lain hal, Setyawan Dosen Jurusan Musik Institut Seni Indonesia (ISI) mengungkapkan program ini ditujukan untuk mendukung keberadaan kekayaan musik tradisi Indonesia sebagai media pelestarian budaya.


Setyawan bersinergi dengan Dwiki Dharmawan sang musisi nasional. Ia mengungkapkan Lokovasia merupakan gabungan dan wujud dari sinergi antara dirinya dengan Dwiki yang sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 2016 di Festival Teluk Jailolo. 

DYL

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Melalui Program Lokovasian, Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Lestarikan Musik Tradisi Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan