Uhamka Wujudkan Peningkatan Pendidikan dengan Sukseskan Program Kemendikbudristek

Rabu, 12 Juli 2023 | 12:28 WIB Last Updated 2023-07-12T05:28:40Z

KabarPendidikan.id Biro Promosi dan Admisi (BPA) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar Sosialisasi KIP dan KJMU dengan tema "Raih Masa Depanmu Lanjut Kuliah Menggunakan KIP dan KJMU". Acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, Rabu (12/7).


Kegiatan ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Lukman Hakim selaku Kepala BPA Uhamka, Deny Indra Novendar selaku Kepala Bagian Promosi BPA Uhamka, Dewi Lestari selaku Dinas Pendidikan Prov DKI Jakarta, Muni Ika selaku Sub Koordinator KIP Kuliah Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbusritek, serta peserta sosialisasi yang terdiri dari siswa dan siswi SMA/SMK seindonesia.



Kartu Indonesia Pintar (KIP) sendiri merupakan kartu identitas yang diperuntukkan untuk seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu sebagai penerima bantuan pemerintah melalui akses pendidikan formal maupun informal. 



Sedangkan, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) adalah bentuk program pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu penyaluran bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memenuhi kriteria dalam menempuh pendidikan Program Diploma/Sarjana sampai lulus. 



Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka mengungkapkan pemerintah Pemprov DKI Jakarta dan Kemendikbusritek telah membangun program-program yang ditujukan agar terciptanya peningkatan pendidikan pada anak bangsa. 



Ia pun berharap agar program ini dapat diimplementasikan dengan baik di Uhamka. Khususnya saat ini Uhamka telah meraih akreditasi unggul untuk menciptakan lulusan yang berintegritas, memiliki kemampuan soft skill maupun hard skill yang tinggi. 



"Alhamdulillah, saat ini pemerintah dan Kemendikbudristek telah membangun program-program berkemajuan untuk menciptakan pendidikan yang berkemajuan. Tentu saya berharap program-program ini dapat dicanangkan dengan baik bersama Uhamka kedepannya. Selain program tersebut, institusi turut berperan penting dalam menciptakan pemuda bangsa yang cerdas dan berintelektual. Saat ini Uhamka telah terakreditasi unggul, didukung dengan prodi-prodi yang terus meningkat seiring waktu dan dosen yang tersertifikasi," pungkasnya.



Di sisi lain, Dewi Lestari dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan empat tujuan utama dari adanya KJMU untuk mahasiswa diantaranya meningkatkan akses peserta didik dengan keterbatasan ekonomi untuk mendapatkan haknya sebagai mahasiswa di PTN/PTS, meningkatkan mutu pendidikan, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dan membangun motivasi dan jiwa kompetisi bagi peserta didik untuk terus berinovasi. 



"Terdapat empat poin tujuan pemerintah pada KJMU ini yaitu dapat memperluas peluang peserta didik yang kurang mampu untuk menimba ilmu di PTN/PTS impiannya, meningkatkan mutu pendidikan di masyarakat, memberikan dorongan berupa biaya pendidikan kepada calon mahasiswa terpilih, serta menjadi motivasi atau dorongan bagi peserta didik dalam meraih prestasi melalui inovasi," tuturnya.



Hingga saat ini Uhamka memiliki 9 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, diantara 9 Fakultas yang ada di Uhamka yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Farmasi dan Sains (FFS), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Psikologi (FPsi), dan Fakultas Kedokteran (FK). Mari bergabung bersama Uhamka dengan berbagai penawaran beasiswa yang ada, selengkapnya melalui https://uhamka.ac.id/reg/

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Wujudkan Peningkatan Pendidikan dengan Sukseskan Program Kemendikbudristek

Trending Now

Iklan

iklan