Perluas Penggunaan Energi Terbarukan, Tim Pengmas FTII Uhamka Beri Sosialisasi Pemanfaatan Panel Surya

Minggu, 02 Juli 2023 | 09:12 WIB Last Updated 2023-07-02T02:12:48Z


KabarPendidikan.id
- Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi pemanfaatan panel surya sebagai sumber energi alternatif di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Kami-Jumat (29-30/6).


Tim kegiatan ini diketuai oleh Oktarina Heriyani selaku dosen FTII Uhamka dengan anggotanya yang juga dosen FTII Uhamka diantaranya Rifky, Dan Mugisidi, dan Riyan Ariyansah.

 

Kegiatan ini turut berkolaborasi dengan tendik FTII Uhamka, yaitu Lutfan, Herman, dan disupport secara teknis oleh 4 orang mahasiswa Prodi Teknik Mesin, yaitu Yasir, Thoriq, Arif, dan Acep mensosialisasikan teknologi panel surya kepada masyarakat setempat, khususnya pada para Karang Taruna mulai dari konsep dasar hingga pemasangan dan pemeliharaan sistem panel surya. 


Oktarina selaku ketua tim, menyampaikan bahwa aplikasi panel surya mempunyai beberapa keuntungan, seperti sumber energi yang digunakan adalah cahaya matahari yang tidak habis dan ramah lingkungan, hemat biaya operasional, masa pakai panjang, skalabilitas, dan ketersediaan universal. 


"Kegiatan ini diawali pemasangan satu set panel surya di Pantai Perawan, Pulau Pari dengan melibatkan unsur masyarakat terutama generasi muda Karang Taruna. Tujuan dari kegiatan ini, antara lain untuk mendorong para generasi muda berpatisipasi dalam memanfaatkan dan mengelola sistem energi surya secara bersama – sama. Kerjsama dan semangat yang ditunjukkan generasi muda di Pulau Pari memberikan harapan bagi masa depan yang lebih terang bagi generasi mendatang," turur Oktarina.


Oktarina menambahkan, target pemanfaatan panel surya secara jangka panjang untuk meningkatkan keberlanjutan dan pemerataan akses energi terbarukan sebagai solusi energi masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan dengan mengurangi ketergantungan akan energi fosil. 


"Masyarakat setempat berharap dengan memanfaatkan panel surya dalam jangka pendek dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan untuk pemenuhan energi sehari – hari. Penggunaan panel surya merupakan langkah yang tepat dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan melindungi lingkungan alam . Energinya bersih, terbarukan, dan tak terbatas akan memberikan peluang bagi kita untuk hidup lebih hijau dan berkelanjutan, “tambah Oktarina.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perluas Penggunaan Energi Terbarukan, Tim Pengmas FTII Uhamka Beri Sosialisasi Pemanfaatan Panel Surya

Trending Now

Iklan

iklan