Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Dosen PBSI FKIP Uhamka Adakan Pelatihan

Senin, 10 Juli 2023 | 09:32 WIB Last Updated 2023-07-10T02:32:29Z


KabarPendidikan.id
Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka)  melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Cisalak.

 

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai bagian dari tugas keprofesionalan perguruan tinggi dengan komitmen totalitas dan integritas untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi para guru SMP.

 

Kegiatan ini dipimpin oleh Irwan Baadilla selaku dosen PBSI FKIP Uhamka, dan didukung oleh dosen PBSI FKIP Uhamka lainnya yaitu Sulistyawati, dan Nur Amalia sebagai anggota tim.

 

Irwan Baadilla selaku ketua PKM mengutarakan bahwa, pemahaman cerita rakyat dalam penguatan guru-guru penting dilakukan karena dapat meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan kompetensi guru, membangun kemitraan, dan memberikan dampak positif pada siswa. Dengan melibatkan para guru SMP dalam kegiatan pengabdian ini, diharapkan dapat memperoleh pemahaman dan keterampilan baru yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, para dosen dan guru-guru terlibat dengan totalitas dan integritas dalam memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

 

“Totalitas dan integritas ini tercermin dalam komitmen melakukan upaya terbaik, memberikan waktu, energi, dan pengetahuan demi kepentingan pendidikan yang lebih baik. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 8 (delapan) guru, kepala sekolah, 1 (satu) mahasiswa, dan operator sekolah. Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu permintaan sekolah yang ingin mengembangkan dan memperoleh pemahaman dan keterampilan baru yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang strategi pengajaran yang efektif dan inovatif. Untuk itu, TIM pengabdian masyarakat PBSI FKIP Uhamka telah menyusun tips dan trik praktis untuk membantu guru-guru meningkatkan dan menguatkan karakter mereka melalui pelatihan. Harapannya, materi dan pelatihan yang disampaikan dapat diimplementasikan oleh para guru dan menghasilkan artikel yang dapat dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi nasional,” tutur Irwan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Dosen PBSI FKIP Uhamka Adakan Pelatihan

Trending Now

Iklan

iklan