Tim Pengmas FTII Uhamka Bersinergi dengan SMK Al-Makiyah Guna Tingkatkan Moderasi Beragama melalui Pemahaman Teknologi Informasi

Kamis, 29 Juni 2023 | 13:10 WIB Last Updated 2023-06-29T06:10:50Z


KabarPendidikan.id
- Dosen Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) diantaranya Isa Faqihuddin Hanif dan Arif Hamzah serta mahasiswa aktif Uhamka, Dwi Februyati melakukan pengabdian masyarakat bersama SMK Al-Makiyah, Kamis (15/6).


SMK Al-Makiyah telah meluncurkan program pendidikan berbasis teknologi informasi yang bertujuan untuk memperluas pemahaman siswa tentang moderasi beragama, toleransi, dan kerukunan antarumat beragama. Program ini melibatkan dosen Uhamka Isa Faqihuddin Hanif, Arif Hamzah dan satu Mahasiswa Aktif Uhamka yaitu Dwi Febriyadi untuk memberikan materi tentang Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Pemahaman Teknologi Informasi.


Isa Faqihuddin sekali dosen Uhamka mengatakan bahwa salah satu komponen utama dari program ini adalah hubungan antara Teknologi Informasi yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai moderasi beragama, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman agama dan budaya di Indonesia.


"Melalui program ini, siswa dan siswi mendapat pengetahuan dan diskusi yang dipandu oleh guru dan ahli keagamaan. Mereka juga dapat berinteraksi dengan sesama siswa untuk bertukar pemikiran, pengalaman, dan perspektif tentang moderasi beragama. Dengan demikian, siswa dan siswi dapat membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menghargai perbedaan, menjunjung tinggi toleransi, dan mempromosikan perdamaian di masyarakat," turur Isa.


Selain itu, SMK Al-Makiyah juga telah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan moderasi beragama melalui teknologi informasi. Mereka mengorganisir lokakarya, seminar, dan diskusi dengan mengundang pembicara ahli yang berkompeten di bidang agama dan teknologi informasi. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi untuk mendalami isu-isu yang terkait dengan moderasi beragama dan memperluas wawasan mereka dalam menggunakan teknologi informasi secara positif.


Sementara itu, Arif Hamzag selaku dosen sekaligus Wakil Dekan 4 FTII Uhamka berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat lebih memahami tentang moderasi beragama dan meningkatkan toleransi beragama.


"Tentu kami berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat lemlbih memahami tentang moderasi beragama. Terima kasih juga kepada semua pihak yang membantu kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan sukses," ujar Arid.


Di lain pihak, Nurhasanah selaku Wakil Bidang Kesiswaan SMK Al-Makiyah, menyampaikan pihaknya berkomitmen dalam mempersiapkan para siswa agar memiliki pemahaman yang luas tentang moderasi beragama dan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.


"Kami berkomitmen untuk mempersiapkan siswa dan siswi kami menjadi generasi yang memiliki pemahaman yang luas tentang moderasi beragama. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, kami ingin memastikan bahwa mereka memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan untuk memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya hidup dalam harmoni dengan sesama umat beragama," ujar Nurhasnah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengmas FTII Uhamka Bersinergi dengan SMK Al-Makiyah Guna Tingkatkan Moderasi Beragama melalui Pemahaman Teknologi Informasi

Trending Now

Iklan

iklan