Unesa Berikan Beasiswa S1 dan S2 Ke Timnas U-20 Pasca FIFA Batalkan Piala Dunia di Indonesia

Senin, 17 April 2023 | 10:33 WIB Last Updated 2023-04-17T03:34:27Z


KabarPendidikan.id
- Pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia oleh FIFA membuat banyak pemain tim nasional (Timnas) Indonesia kecewa dengan keputusan tersebut. Bahkan beberapa pemain mengungkapkan rasa kecewanya tersebut di media sosial lantaran mereka telah melakukan persiapan dan pelatihan dari jauh-jauh hari.

 

Oleh karena itu, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan dukungan pada anggota Timnas U-20 berupa beasiswa kuliah gratis sebagai wujud apresiasi Unesa atas perjuangan mereka.

 

Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, bahkan mengeluarkan Surat Keputusan Rektor Unesa bernomor 885/UN38/HK/BW/2023 tentang Beasiswa Pendidikan Atlet Sepak Bola Timnas U-20 Unesa.

 

Hasan mengatakan, beasiswa ini diberikan kepada para pemain Timnas U-20 yang sedianya bertanding dalam FIFA World Cup U-20 tahun 2023 di Indonesia.

 

"Tidak mudah masuk seleksi skuad timnas asuhan Shin Tae-yong itu. Mereka yang terpilih saya pikir adalah putra dan anak-anak muda terbaik Tanah Air. Karena itu, kami siapkan beasiswa dalam bentuk pembebasan biaya pendidikan mulai jenjang S1-S2 di Unesa. Ini diberikan sejak tahun akademik 2023/2024," ucapnya dilansir dari laman Unesa.

 

Beasiswa ini dapat dimanfaatkan para atlet untuk mengembangkan karier keolahragaannya. Apalagi Unesa memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) yang menaungi empat prodi yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, dan Manajemen Olahraga yang cocok bagi para atlet.

 

Prodi-prodi tersebut dapat memperkuat kemampuan para atlet dari sisi keilmuan atau sport science yang tentunya memiliki prospek karier yang bagus bagi para atlet ke depan. Baik itu sebagai praktisi atau pelatih, entrepreneur atau guru, bahkan dosen di bidang olahraga.

 

Sehingga para atlet yang ingin mengembangkan ilmu di bidang lain juga bisa memilih prodi-prodi yang ada di fakultas lain lewat beasiswa tersebut.

 

"Terkait beasiswa ini, kami sudah bersurat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)," tutur Hasan.

 

Beasiswa ini dikeluarkan Unesa didasarkan pada berbagai pertimbangan. Salah satunya sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yang memiliki prestasi di bidang olahraga dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan potensi akademis para atlet berprestasi khususnya Timnas U-20.

 

Menurut Hasan, Indonesia tidak boleh lama terpuruk apalagi sampai terpecah belah karena batalnya Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-20.

 

Kekecewaan atas kegagalan itu harus dijadikan pengalaman dan pelajaran berharga untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Tanah Air ke depan.

 

"Untuk memperbaiki kualitas dan prestasi olahraga tanah air butuh kontribusi dan peran kita semua di masing-masing level. Kami di Unesa berusaha memberikan yang terbaik salah satunya lewat beasiswa untuk atlet sepak bola timnas U-20 ini," tutup Hasan.

 

(Alifia Angel/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Unesa Berikan Beasiswa S1 dan S2 Ke Timnas U-20 Pasca FIFA Batalkan Piala Dunia di Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan