Rektor Uhamka; Kebudayaan memiliki Nilai Indah, Halus, dan Memesona

Selasa, 18 April 2023 | 15:55 WIB Last Updated 2023-04-18T08:55:15Z


KabarPendidikan.id
- Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan (LPPAIK) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan penutupan Gebyar Ramadan dengan tema Memajukan Budaya, Mencerahkan Peradaban, Aula AR Fachrudin gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Selasa (18/4) / 27 Ramadan 1444 H.

 

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka,  Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Ade Hikmat selaku Direktur Sekolah Pascasarjana Uhamka, Muhib Rosyidi selaku Ketua LPPAIK Uhamka, Ahmad Abi Mubarok selaku Wakil Ketua Pelaksana Gebyar Ramadan, jajaran dekan fakultas, para peserta Gebyar Ramadan, dan stakeholders Uhamka.

 

Ahmad Abi Mubarok selaku Wakil Ketua Pelaksana Gebyar Ramadan dalam laporannya mengatakan bahwa terdaftar 560 peserta yang mengikuti perlombaan Gebyar Ramadan 1444 H dengan kategori siswa, mahasiswa, tenaga pendidikan, dan umum. Kemudian terdapat 10 perguruan tinggi dan 26 sekolah yang turut berpartisipasi, serta terdapat 9 mata lomba yang ada diantaranya   Lomba Nasyid, Lomba Konten Tiktok, Lomba Musabaqah Tilawatil-Qur'an (MTQ), Lomba Essay, Lomba Murrotal, Lomba Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Lomba Peragaan Busana Muslim, Lomba Menyanyi Lagu Islami dan Lomba Ceramah Risalah Buya Hamka.

 

“Kami merasa gebyar Ramadan ini sebagai momen silaturahmi dan pembuktian Islam lengkap dengan seni. Seni merupakan bagian dari keindahan, jadi Islam juga bagian dari seni itu sendiri. Kami mengucakan terima kasih kepada para peserta yang telah melaksanakan lomba ini dengan integritas yang tinggi. Ini merupakan gebyar ramadan yang dilakukan pertama kali secara luring setelah selesainya pandemic Covid-19. Selamat kepada para pemenang lomba, dan yang belum berkesempatan memenangkan perlombaan mari jadikan ini pengalaman danjuga pembelajaran,” ujar Abi.

 

Selanjutnya, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya dengan baik dan sukses di berbagai kegiatan yang Uhamka adakan di bulan Ramadan. Kegiatan tersebut dimulai dengan adanya Tarhib Ramadan, Gebyar Ramadan, Syiar Ramadan yang bekerjasama dengan El-Shinta, dan Pengajian PP Muhammadiyah.

 

“Tema yang dipakai sangat sesuai, dikutip dari pakar budaya Koentjaraningrat bahwa peradaban sebagian unsur dari kebudayaan yang indah, halus, dan memesona. Bentuk kebudayaan itu sangat luas diantaranya seni, ilmu pengetahuan, ilmu teknologi, dan adat sopan santun.  Peradaban ini akan menggambarkan keberadaan kita saat ini, maka pentingnya dokumentasi. Intinya dari setiap event ini mencari inovasi dan kreativitas baru. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kita dapat melatih diri menjadi lebih baik. Saya juga ucapkan selamat kepada para pemenang dan panitia yang suskses menjalankan acara gebyar ramadan,” tutur Prof Gunawan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rektor Uhamka; Kebudayaan memiliki Nilai Indah, Halus, dan Memesona

Trending Now

Iklan

iklan