Universitas Terbuka Lakukan Kolaborasi dengan Kompas Gramedia Melalui Program Paramita

Selasa, 28 Maret 2023 | 10:41 WIB Last Updated 2023-03-28T03:41:38Z


KabarPendidikan.id
- Universitas Terbuka (UT) luncurkan kolaborasi dengan Kompas Gramedia untuk melakukan produksi dan distribusi buku-buku bahan ajar untuk mahasiswa. Hal tersebut dilakukan dalam rangka upaya peningkatan kapasitas sistem pembelajaran jarak jauh.

 

Kerja sama ini membentuk sebuah program dengan tajuk PARAMITA (Pengiriman Bahan Ajar ke Mahasiswa Tepat dan Akurat) yang melibatkan dua unit bisnis Kompas Gramedia. Gramedia Printing sebagai pihak yang akan memproduksi buku bahan ajar dan KGXpress (KGX) yang akan melakukan distribusi ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Melalui kerja sama ini, diharapkan pendistribusian bahan ajar yang tepat dan akurat dapat melancarkan proses pembelajaran mahasiswa.

 

Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat, melakukan kunjungan ke Gramedia Printing dan KGX sebagai salah satu bentuk komitmen dari kedua belah pihak.

 

“ Kami berniat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa terkait pengadaan bahan ajar supaya bisa dicapai dengan lebih efisien, serta pengantaran bahan ajar tersebut juga tepat waktu dan akurat, ” ujar Ojat saat ditemui dalam kunjungan ke Gudang (warehouse) Gramedia dan KGX di area Cakung, Jakarta (20/3/2023).

 

Sebagai awal dari kerja sama ini, Gramedia Printing akan memproduksi buku bahan ajar mahasiswa untuk 5 program studi (prodi) dengan peminat terbanyak di UT, antara lain manajemen, akuntansi, ilmu hukum, administrasi negara, dan ilmu komunikasi.

 

Kemudian untuk pendistribusian buku bahan ajar mahasiswa ini, KGX akan melakukan pengiriman ke 14 UPBJJ-UT yang tersebar di seluruh Jawa, Palembang, Makassar, dan Ambon.

 

Amelia Angelica selaku Direktur KGX memaparkan kerja sama dalam proses cetak-setting-kirim langsung ini merupakan yang pertama kalinya bagi mereka. Oleh karena itu, KGX masih memerlukan banyak diskusi dan pendampingan dari Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba) UT.

 

“Kami menyampaikan kesiapan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar lagi dari UT,” ucap Amelia.

 

Selain itu, kunjungan UT ke Kompas Gramedia ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan pendidikan pada era revolusi industri 5.0 yang memerlukan perangkat jejaring luas sehingga layanan UT dapat diakses secara cepat, tepat, dan akurat oleh masing-masing mahasiswa.

 

Kedua belah pihak berharap untuk kedepannya peluang kerja sama ini akan jauh lebih luas lagi. Tidak hanya pada 5 prodi, tetapi kerja sama dapat dilakukan untuk seluruh prodi dan UPBJJ yang ada di Universitas Terbuka.

 

(Alifia Angel/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Universitas Terbuka Lakukan Kolaborasi dengan Kompas Gramedia Melalui Program Paramita

Trending Now

Iklan

iklan