UIN Sunan Kalijaga Raih Peringkat Pertama dengan Pendaftar Paling Banyak pada SPAN PTKIN 2023

Selasa, 14 Maret 2023 | 12:59 WIB Last Updated 2023-03-14T05:59:58Z

 


KabarPendidikan.id - Salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baru adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2023 menjadi jalur yang paling diminati calon mahasiswa baru yang mendaftar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Total calon mahasiswa yang mendaftar di UIN Sunan Kalijaga sekitar 31.931.

 

SPAN PTKIN merupakan jalur seleksi nasional bagi calon mahasiswa baru untuk lulusan seperti MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang duduk di kelas terakhir tahun 2023.

 

Jalur seleksi SPAN-PTKIN dilihat berdasarkan prestasi akademik melalui nilai rapor dan prestasi-prestasi lain dalam bentuk portofolio.

 

Siswa tidak dipungut biaya apapun dalam pendaftaran karena biaya pelaksaan SPAN PTKIN telah ditanggung oleh pemerintah.

 

Pada tahun 2023 ini, UIN Sunan Kalijaga hanya menampung sebanyak 4.252 kuota untuk semua jalur. Dari jumlah tersebut dibagi lagi menjadi 545 kuota untuk jalur SPAN PTKIN.

 

UIN Sunan Kalijaga menempati peringkat pertama dari 59 PTKIN di Indonesia dengan jumlah pendaftar terbanyak mencapai 31.931 calon mahasiswa. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menempati peringkat kedua dengan jumlah 29.467 pendaftar.

 

Prof. Al Makin selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyambut baik pencapaian ini dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi membangun kualitas pendidikan di UIN Sunan Kalijaga.


"UIN Sunan Kalijaga merupakan Universitas Islam pertama di Yogyakarta dan masih menjadi satu-satunya yang terakreditasi unggul," ujarnya, Senin (13/3/2023).


Menurut Prof. Al Makin, UIN Sunan Kalijaga dapat menempati peringkat pertama pada SPAN PTKIN 2023 tidak terlepas dari kualitas pendidikan dan mengembangkan program menarik minat calon mahasiswa.

 

(Adelia Putri/SAN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UIN Sunan Kalijaga Raih Peringkat Pertama dengan Pendaftar Paling Banyak pada SPAN PTKIN 2023

Trending Now

Iklan

iklan