Tim Pengmas FIKES Uhamka Rancang Video Aktivitas Fisik melalui Program RISETMU

Jumat, 10 Maret 2023 | 08:46 WIB Last Updated 2023-03-10T01:46:22Z

 


KabarPendidikan.id - Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Imu-lmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melalui program Riset Muhammadiyah (RISETMU) lakukan launching media video aktivitas fisik dan seminar kesehatan dengan tajuk “Kurangi Perilaku Sedentari dan Tingkatkan Aktifitas Fisik, Cegah Obesitas Dini”, Minggu (5/3).

 

Sarana yang dirancang tim FIKES Uhamka tersebut yakni pembuatan media video aktivitas fisik dengan metode chair aerobic. Video tersebut diperuntukkan sebagai sarana untuk mendukung kegiatan aktivitas fisik mahasiswa di sela-sela perkuliahan berlangsung maupun di rumah dan sebagai upaya mengurangi perilaku sedentari.

 

Dilain pihak, Riski selaku mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Kesmas) melakukan penelitian terhadap mahasiswa Uhamka yang hasilnya menunjukkan bahwa perilaku sedentari mayoritas terkategorikan tinggi (98,8%). Perilaku sedentari merupakan perilaku aktifitas fisik seseorang di luar waktu tidur, dengan karakteristik pengeluaran kalori yang sangat sedikit yakni <1,5 meets (Kemenkes, 2018).

 

Selain itu, gerakan dalam media video aktivitas fisik rancangan Anna Fitriani dan Elia Nur Ayunin merupakan hasil adaptasi dari gerakan-gerakan aktivitas fisik pada metode aerobics chair. Berdasarkan hasil literatur, metode aerobics chair ini dinilai efektif dalam meningkatkan fungsi fisik, pengeluaran energi, serta mengurangi tingkat sakit kepala pada perilaku sedentari (Lohana and Yadaf, 2020).

 

Media video aktivitas fisik tersebut sudah dilakukan uji pretesting atau uji coba kepada mahasiswa dan mendapatkan hasil yang positif karena video aktivitas fisik tersebut memunculkan emosi yang positif setelah melakukannya. Berdasarkan hasil tersebut, tim Pengmas FIKES Uhamka merasa yakin bahwa media video aktivitas fisik tersebut mampu menjadi sarana pembiasaan peningkatan perubahan perilaku dan mengurangi perilaku sedentari pada mahasiswa.

 

Dengan kata lain, perilaku sedentari merupakan perilaku yang menunjukkan tingkat aktivitas fisik sangat rendah. Oleh karena itu, mahasiswa menjadi kelompok yang sangat rentan terhadap munculnya perilaku sedentari. Dengan demikian, diperlukan adanya perubahan perilaku sebagai penangulangan dan pencegahan perilaku sedentari pada mahasiswa melalui pembiasaan peningkatan aktivitas fisik yang dapat dilakukkan di kelas pada waktu-waktu tertentu atau saat kegiatan perkuliahan berlangsung.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengmas FIKES Uhamka Rancang Video Aktivitas Fisik melalui Program RISETMU

Trending Now

Iklan

iklan