Luhut Pandjaitan: Pendidikan Menentukan Keberhasilan Membangun Masyarakat Pedesaan

Selasa, 21 Maret 2023 | 08:27 WIB Last Updated 2023-03-21T01:27:22Z

 


KabarPendidikan.id - Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, pendidikan merupakan faktor utama dalam membangun masyarakat di pedesaan. Ia bahkan menggunakan dirinya sebagai contoh keberhasilan dari pendidikan.

 

Luhut menyampaikan hal tersebut pada acara peringatan 9 tahun Undang-undang Desa, yaitu UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada hari Minggu, 19 Maret 2023.

 

"Untuk desa, adalah pendidikan. Apapun yang kita lakukan, pendidikan adalah kunci," kata Luhut di depan ribuan Kepala Desa (Kades), di kawasan GBK.

 

Luhut kemudian menjelaskan situasi kehidupannya di masa lalu, di mana ia dilahirkan dari seorang ibu yang tidak menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) dan ayahnya bekerja sebagai sopir bus.

 

Walaupun latar belakang ekonomi dan pendidikan keluarganya kurang baik, Luhut menegaskan bahwa ia berhasil mencapai jabatan sebagai seorang Menteri, berkat pendidikan yang diperolehnya.

 

"Saya adalah anak seorang sopir, ayah saya sopir bus di tanah Batak. Saya dilahirkan dari rahim seorang ibu, yang SD saja tidak tamat. Tapi, saya bisa seperti ini, anda pun bisa punya anak yang lebih baik dari saya di kemudian hari," jelasnya.

 

Oleh karena itu, Luhut meminta ribuan kepala desa yang hadir untuk memperkuat program pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Ia menekankan pentingnya agar para kepala desa fokus pada tugas mereka dan menghindari terlibat dalam politik praktis.

 

“Oleh karena itu, program (pendidikan) yaitu matematika dan fisika, sekarang sudah mulai jalan di seluruh Indonesia yang kami inisiasi, Pak Tito (Mendagri) dengan saya dan kementerian pendidikan. Itu saya sekarang minta kalian bantu," ucap Luhut.

 

"Saya minta kepala desa bantu yang konkret. Jangan anda berpolitik praktis. Dua ini laksanakan anda sudah membawa kesejahteraan buat Republik Indonesia ini, saya titip hal ini pada anda semua," tambahnya.

 

(Umar Syaid/SAN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Luhut Pandjaitan: Pendidikan Menentukan Keberhasilan Membangun Masyarakat Pedesaan

Trending Now

Iklan

iklan