Kemenag Berikan Bantuan Total Rp381 Miliar BOP untuk 1,2 Juta Siswa Raudlatul Athfal

Jumat, 24 Maret 2023 | 16:05 WIB Last Updated 2023-03-24T09:05:46Z

KabarPendidikan.id
- Kementerian Agama (Kemenag)  menyalurkan Bantuan Operasional Operasional (BOP) kepada Raudlatul Athfali (RA) tahun 2023. Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengatakan, pihaknya sudah memproses dana BOP-RA dua pekan lalu.

“Anggaran sebesar Rp381 miliar sudah berada di rekening bank penyalur (RPL). Pihak RA sudah bisa mulai memproses pencairannya sesuai juknis yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam,” kata Dhani dikutip dari laman kemenag.go.id.

Dhani mengatakan, saat ini prosesnya adalah tahap I pembayaran BOP RA. Anggaran tersebut dialokasikan untuk 28.841 RA di seluruh Indonesia.“Beberapa waktu lalu saya telah menyetujui pencairan tersebut. Sesuai prosedur dana tersebut sudah cair dari Ditjen Perbendaharaan (DJPb) ke rekening bank penyalur BOP milik Pendis Kemenag untuk kemudian dicairkan ke rekening masing-masing RA,” ujarnya.

Direktur Kurikulum, Kelembagaan, Kelembagaan dan Kemahasiswaan (KSKK) Madrasah Moh Isom menyatakan pada pencairan pertama BOP tahap pertama diberikan kepada 1.270.963 siswa RA. Setiap siswa akan menerima Rp 600.000, jumlah yang sama seperti tahun lalu.

“Untuk mendapatkan dana ini, setiap RA harus menjalankan mekanisme yang dituangkan dalam pedoman, mulai upload berkas administrasi, verifikasi, hingga teknis pencairan di bank,” papar Moh. Isom.

Dikatakannya, pada tahun 2023 ini, sebanyak 1.270.963 siswa akan menerima BOP-RA. Proses pencairan berlangsung dalam dua tahap.

"Kami upayakan sisa pencairan Tahap I akan kami selesaikan sebelum libur lebaran," ujarnya.

Kepala Subdit Kelembagaan dan Kerja Sama pada Direktorat KSKK Madrasah, Papay Supriatna, yang bertanggung jawab dalam pengelolaan dana BOP RA ini menyebut pihaknya berkomitmen terus meningkatkan layanan, termasuk dalam pencairan BOP. Sebab, dana BOP menjadi sumber pembiayaan mutlak bagi pelaksanan pembelajaran di tingkat RA.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan baik dengan pimpinan BOP RA di tingkat kabupaten/kota, kabupaten, tim departemen KSKK, serta Bank Penyalur (RPL) untuk mempercepat pencairan dana BOP agar segera dapat digunakan oleh RA sesuai dengan juknis," jelasnya.

Papay menguca[kan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama menyiapkan percepatan pencairan BOP RA Tahun Anggaran 2023. Seperti Tim BOS Kemenag RI, pihak KPPN Kemenkeu, pihak penyalur, dan tim BOS kabupaten/kota serta provinsi. 

(Annisa Nurani/adp)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemenag Berikan Bantuan Total Rp381 Miliar BOP untuk 1,2 Juta Siswa Raudlatul Athfal

Trending Now

Iklan

iklan