Wali Kota Meguru Tawarkan Kerja Sama dengan SRIT

Kamis, 02 Februari 2023 | 13:23 WIB Last Updated 2023-02-02T06:23:38Z


KabarPendidikan.id
- Eiji Aoki selaku Wali Kota Meguro mengusulkan peluang kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan hubungan antar-masyarakat dengan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Peninjauan kerja sama tersebut disampaikan dalam agenda kunjungannya ke sekolah yang sudah berdiri sejak 1962 itu pada Jumat (27/1) lalu.

 

Eiji Aoki memberikan perhatian kepada SRIT sebagai sekolah asing yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Jepang (MEXT) yang disetarakan dengan sekolah negeri. Dengan begitu, saat peserta didik SRIT akan melanjutkan ke perguruan tinggi di Jepang, mereka tidak perlu mengambil ujian kesetaraan.

 

“Rencana kerja sama itu dapat memperkuat hubungan yang baik antara SRIT dan masyarakat sekitar, khususnya area Kotaki-chokai. Bentuk kerja sama yang dapat dijalin, antara lain, keikutsertaan dalam program mitigasi bencana dan acara festival budaya,” tutur Eiji.

 

Setelah pertemuan tersebut, ungkap Eiji Aoki, pihaknya akan membuka komunikasi dengan Kepala area Kotaki-chokai, Hosoya-san, agar komunikasi antara Kotaki-chokai dan SRIT berjalan dengan baik sekaligus memudahkan koordinasi saat membahas program kerja sama.

 

"Semoga pihak SRIT berkenan untuk berpartisipasi aktif dalam aneka kegiatan yang akan dikerjasamakan nanti," tutur Eiji Aoki kepada Kepala SRIT.

 

Menanggapi hal itu, Ari Driyaningsih selaku Kepala SRIT menyambut baik ajakan kerja sama dari Wali Kota Meguro.Ia juga mengungkapkan terkait kerja sama itu dapat menjadi kesempatan bagi SRIT untuk dapat berkomunikasi lebih intensif dengan masyarakat sekitar.

 

"Sebagai tindak lanjutnya, kami akan mengomunikasikan hasil pertemuan hari ini dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), khususnya dengan Atase Pendidikan, untuk kemudian menentukan langkah yang akan diambil berikutnya,” ucap Ari Driyaningsih.

 

Dalam pertemuan dengan pihak SRIT yang berlangsung pada Jumat (27/1) lalu, pukul 10.00 JST tersebut, Wali Kota Meguro, Eiji Aoki, datang bersama dengan Director General Residents Affairs Department, Hiromi Ueda, dan Meguro Council Department Member, Kanako Kobayashi. Kedatangan mereka disambut dengan penampilan rampak gendang dan gamelan yang dimainkan oleh para siswa tingkat SMP dan SMA SRIT.

 

Untuk diketahui, pada 2021, SRIT menjadi tuan rumah kegiatan Meguro English Speech Contest. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Meguro untuk peserta didik SMP Jepang di Tokyo. Bentuk kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Meguro dengan KBRI Tokyo itu menjadi salah satu bukti diterimanya keberadaan SRIT yang merupakan bagian dari KBRI Tokyo yang terletak di Meguro.


ADP

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wali Kota Meguru Tawarkan Kerja Sama dengan SRIT

Trending Now

Iklan

iklan