Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka Gelar Pelatihan Pendampingan Metode I’rabul Quran

Senin, 06 Februari 2023 | 09:55 WIB Last Updated 2023-02-06T02:55:53Z


KabarPendidikan.id
Tim dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) dan mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat menyelenggarakan pelatihan Pendampingan Metode I’rabul Quran di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah di Jln. H. Maksum No. 65 RT 03 RW 03 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan Kota Depok, Rabu (1/2).

 

Acara Program Kemitraan Masyarakat dilaksanakan secara offline di ruang kelas yang representative. Pelatihan yang diikuti oleh Zainul Abidin selaku dosen FAI Uhamka, Ahmad Rizki Nugrahawan selaku dosen FAI Uhamka, dan 20 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari siswa – siswi kelas 12 Madrasah Aliyah Darul Arqam Muhammadiyah Kota Depok.


Zainul Abidin selaku ketua tim pengabdian masyarakat mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia. Ia menambahkan, pelatihan ini diadakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa – siswi dalam memahami al quran dengan baik dan benar.


”Hal ini dilakukan supaya siswa siswi dapat menambah kompetensi gramatika dalam Bahasa Arab sehingga dapat memahami kedudukan kata – kata di dalam ayat Al-Qur'an,” ujar Zainul.


Rausan Fikri selaku Kepala Madrasah Aliyah Darul Arqam dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara pelatihan, mengungkapkan kebahagiaanya atas adanya pelatihan yang dilakukan oleh dosen FAI Uhamka yakni Zainul Abidin dan Ahmad Rizki Nugrahawan.


“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk siswa – siswi yang setiap harinya belajar bahasa Arab," ujar Rausan Fikri.


Acaranya pun dilanjutkan dengan kegiatan inti penyampaian materi pelatihan oleh Ketua tim pengabdian masyarakat, Zainul Abidin. Adapun materi yang disampaikannya tentang metode i’rab surat al kautsar.


“Perlunya siswa siswi mengetahui kedudukan setiap kata dalam ayat dan juga cara menterjemahkannya,” ujar Zainul dalam pemaparannya.


Peserta begitu antusias dalam mengikuti materi pelatihan tersebut. Hal ini dapat dilihat dalam keaktifan peserta yang mengajukan pertanyaan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka Gelar Pelatihan Pendampingan Metode I’rabul Quran

Trending Now

Iklan

iklan